STRATEGI PEMASARAN ROTI PADA USAHA BINTANG BAKERY DI DESA MEUNASAH DAYAH KECAMATAN KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN

Shinta Musfita

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Meunasah Dayah Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen pada bulan Juni 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta strategi pemasaran roti pada usaha Bintang Bakery di Desa Meunasah Dayah Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk memberikan gambaran umum tentang data yang diperoleh. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis SWOT. Dari hasil analisis faktor internal dapat diidentifikasi bahwa kekuatan utamanya adalah produk berkualitas tanpa bahan pengawet kimia dan kelemahannya utamanya adalah produk tidak tahan lama. Sedangkan dari hasil analisis faktor eksternal, dapat diindentifikasikan peluang utamanya adalah permintaan konsumen meningkat dan ancamannya utamanya adalah naiknya harga bahan baku. Berdasarkan hasil analis SWOT alternatif strategi yang sesuai untuk memasarkan Roti Sile Bintang Bakery di Desa Meunasah Dayah Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen adalah dengan menggunakan strategi kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy) yaitu dengan cara mempertahankan kualitas produk dengan tanpa bahan pengawet untuk terus mendapatkan kepercayaan konsumen dan menggunakan jasa kios penjual eceran untuk melakukan pemasaran secara meluas agar produk semakin dikenal masyarakat.

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Roti Sile Bintang Bakery.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Adnan, Amal. 2010. Kepulauan Fitri, Cahaya. 2008. Strategi Pemasaran Usaha Nice Bakeri di Tonado. Jurnal Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi (Unsrat). Manado

Medwina. 2012. Strategi Pemasaran Roti Kacang di Kota Tebing Tinggi. Jurnal Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. Medan

Hadi. 2006. Tetap Sehat Dengan Makanan Olahan. Tiga Seurangkai Solo.

Kotler dan Keller. 2007. Manaiemen Pemasaran. Jilid 2. Penerbit PT. Indeks. Jakarta.

Kotler, 2012. Marketing. Jilid I. Erlangga. Yogyakarta.

Kurtz. 2008. Pengantar Bisnis (Jilid 1). Erlangga. Jakarta.

Lisna, Kustamtinah. 2012. Strategi Pemasaran Roti Pada Pabrik Roti Manis. Jurnal Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu. Agrotekbis 2 (2) : 205-210, April 2014

Lupiyoadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 2). Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Puspitadewi. 2008. Teori Produksi. http://www.library.ohiou.edu. Diakses (09 Maret 2018)

Rangkuti. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia. Pustaka Utama Jakarta

Reni, Emawati. 2010. Startegi Pemasaran pada Perusahaan Roti "Tiga Berlian" di Semanggi Surakarta. Skripsi. Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, UPN “Veteran” Surakarta. Vol.I No.1 Januari 2015.

Sabatini, C dan Japarianto, E. 2014. Pengaruh Marketing Mix, Psychological Factors, Social Factors dan Situational Factors terhadap Cara Pandang dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Rotiboy di Tunjungan Plaza dan City of Tomorrow Surabaya. (Online), [http://studentjournal.petra.ac.id/index. php/manajemen-pemasaran /article/view/1387]. Diakses 18 Februari 2018.

Sianipar dan Entang. 2008. Teknik- Teknik Analisis Manajemen. Bahan Ajar Diklat PIM Tingkat II

Supranto dan Nandan. 2007. Statistika Untuk Ekonomi dan Bisnis. Edisi Revisi. Rineka Cipta. Jakarta.

Swatha dan Handoko. 2008. Manaiemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.

Stanton, 2007. Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Soekartawi, 2006. Manajemen Pemasaran Dalam Bisnis Modern. Pustaka Harapan, Jakarta.

Tjiptono. 2008. Manajemen Pelayanan Jasa. Penerbit Andi. Yogykarta.

Wina. 2010. Sejarah Roti di Indonesia. Bahan Kuliah Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako. Palu


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.