PROFITABILITAS USAHA ROTI SILE DI DESA MEUNASAH DAYAH KECAMATAN KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN (Studi Kasus UD. Bintang Bakery)

Ryan Riswanda

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Meunasah Dayah Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen tepatnya pada usaha Roti Sile Bintang Bakery, yang dilaksanakan pada bulan Mei 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profitabilitas usaha Roti Sile Bintang Bakery Desa Meunasah Dayah Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis total biaya, penerimaan, keuntungan dan profitabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa total biaya yang dikeluarkan UD. Bintang Bakery untuk menjalankan usaha Roti Sile yaitu sebesar Rp. 102.616.944,-/bulan, dan penerimaan yang diperoleh sebesar Rp. 232.800.000,-/bulan.  Dari hasil analisis juga diketahui bahwa usaha Roti Sile UD. Bintang Bakery menguntungkan, dengan total keuntungan sebesar Rp. 130.183.056,-/bulan. Selanjutnya dari hasil analisis profitabilitas diperoleh nilai 126,86%, sehingga dapat disimpulkan bahwa usaha Roti Sile pada UD. Bintang Bakery Desa Meunasah Dayah Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen mempunyai nilai profitabilitas pada kategori sangat tinggi.

Kata kunci : Analisis Profitabilitas, Usaha Roti Sile Bintang Bakery


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Besanko, David., Dranove, David., Shanley, Mark. & Schaefer, Scott. 2007. Economics Of Strategy. 4th Edition. New Jersey: John Wiley

Budi, E. Setyo. 2015. Profitabilitas Usaha Ternak Itik Petelur di Desa Kebonsari Kecamatan Candi, Sidoarjo. Jurnal Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, UPN “Veteran” Surabaya. Vol.I No.1 Januari 2015.

Fathorrozi. 2006. Teori Ekonomi Mikro : Salemba Empat,. Jakarta

Gaspersz, Vincent. 2011. Ekonomi Manajerial. PT Niaga Swadaya: Jakarta

Haloho, R. Dameria. 2013. Analisis Profitabilitas pada Usaha Peternakan Sapi Perah di Kabupaten Semarang. Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Pengembangan Humaniora Vol. 13 No. 1, April 2013

Hendry. Noer, 2010. Mengungkap Fenomena Bread Staling. [http://www. foodreview.biz/preview.php?view&id=55813] Online. 10 Februari 2018

Herlambang, Teddy, Sugiarto, Brastoro, Said Kelana. 2007. Ekonomi Makro: Teori Analisis dan Kebijakan. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Latif, F. Cahya. 2013. Analisis Biaya dan Profitabilitas Usaha Nice Bakery di Tondano. Jurnal Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT).

Muhammad, 2007. Pengantar Hukum Perusahaan Indonesia . PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Rahim, dan Hastuti,. 2007. Ekonomika Pertanian (Pengantar, Teori, dan Kasus). Penerbit Penebar Swadaya. Cimanggis, Depok, Jakarta.

Retnaningsih, Nugraheni. 2012. Analisis Break Even Point (BEP) dan Profitabilitas Usaha Roti Pada “Ganep Bakery” di Surakarta. Jurnal Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Vetran Bangun Nusantara Sukoharjo. Jombor Sukoharjo. No.1 / Volume 22 / 2012.

Rosadillah, R. 2014. Analisis Profitabilitas Usaha Roti Kering Pada Industri Rumah Tangga “Citra Lestari Production” Di Kota Palu”. Jurnal Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu. Agrotekbis 2 (2) : 205-210, April 2014

Sabatini, C dan Japarianto, E. 2014. Pengaruh Marketing Mix, Psychological Factors, Social Factors dan Situational Factors terhadap Cara Pandang dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Rotiboy di Tunjungan Plaza dan City of Tomorrow Surabaya. (Online), [http://studentjournal.petra.ac.id/index. php/manajemen-pemasaran/article/view/1387]. Diakses 18 Februari 2018.

Soekartawi . 2006. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. Rajawali Pers. Jakarta.

Sugiarto, 2008. Ekonomi Mikro Suatu Pendekatan Praktis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Surya. 2009. Ekonomi Agribisnis Pertanian. Akademika Pressindo. Jakarta.

Yaumil N. 2008. Analisis Rentabilitas Untuk Mengukur Efisiensi Kinerja Perusahaan Pada CV Pandan Harum di Balikpapan. Jurnal Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Balikpapan (UNIBA).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.