FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA FLUKTUASI HARGA CABAI MERAH DI KABUPATEN BIREUEN

Novi .

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian dilakukan di Kabupaten Kabupaten Bireuen yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga cabai di Kabupaten Bireuen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data bulanan selama kurun waktu 8 tahun terakhir yaitu dari tahun 2008- 2015. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa fluktuasi harga cabai merah di Kabupaten Bireuen secara simultan dipengaruhi oleh harga cabai di Kabupaten Bener Meriah dan produksi cabai merah di Aceh, dengan nilai F-hitung (81,599) lebih besar dari F-tabel (3,33). Hasil analisis secara parsial, hanya variabel harga cabai di Kabupaten Bener Meriah berpengaruh secara nyata atau signifikan secara statistik terhadap harga cabai merah di Kabupaten Bireuen nilai t-hitung > t-tabel. Hal ini disebabkan karena semakin tinggi harga cabai yang  dijual di Kabupaten Bener meriah maka semakin tinggi pula harga cabai yang di jual di Kabupaten Bireuen.

Kata kunci : Analisis Faktor-Faktor, Fluktuasi Harga Cabai Merah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anindita, R. 2008. Pendekatan Ekonomi Untuk Analisis Harga. Kencana. Jakarta.

Anonimous (a), 2009. Sistem Integrasi Agribisnis Komoditi Cabai (Capsium annum Var Longum).http://niendysukmawati. blogspot.com/2009/11/sistem- integrasi-agribisnis komoditi. htmlCabai Merah. www.ipb.ac.id.

Hutabarat, B. dan B. Rahmanto,2009. Dimensi Oligopsonistik Pasar Domestik Jakarta.

Kotler, P. dan Armstrong, G. 2007. Prinsip - prinsip Pemasaran. Jilid 2. Edisi Kedelapan. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Lipsey, R.G., Courant, P.N., Purvis D.D, Steiner, P.O.2008. Pengantar Mikroekonomi (terjemahan). Jilid I. Ed ke-10.. Bina Rupa Aksara.

Nazaruddin. 2006. Budidaya dan Pengaturan Panen Sayuran Dataran Rendah. Penebar Swadaya. Jakarta.

Prajnanta, F. 2006. Agribinis Cabai Hibrida. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rukmana, R. 2006. Usaha Tani Cabai Hibrida Sistem Mulsa Plastik. Kanisius. Yogyakarta.

Santika, A.2006. Agribisnis Cabai. Penebar Swadaya. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.