RESPON KONSUMEN TERHADAP KUALITAS KOPI ARABIKA DI KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

Mustafa .

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini dilakkan di pasar Matangglumpangdua yang merupakan sentra produksi kopi arabika di Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Sebagian besar penduduk yang beraktivitas di siang hari dan malam hari selalu meluangkan waktunya untuk menikmati kopi arabika. Kepuasan konsumen adalah sejauh mana manfaat sebuah  produk  dirasakan (perceived)  sesuai dengan apa yang diharapkan pelanggan. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara dan kuesioner. Metode analisis data menggunakan pengujian Skala Likert dan Interpretasi Skor Perhitungan. Data yang dianalisis meliputi pengukuran persepsi, sikap atau pendapat seseorang mengenai respon terhadap kualitas kopi arabika.kuesioner dengan mengajukan pertanyaan terhadap kualitas kopi arabika dalam lima katageri skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon konsumen terhadap kualitas kopi arabika pada warong kopi di Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen adalah sangat nikmat berdasarkan  perolehan nilai interval yaitu 80,33% dengan kriteria interpretasi skornya adalah sangat nikmat.

Kata Kunci : Kopi Arabika, Kualitas Kopi dan Respon Konsumen.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anonim, 2009. Manfaat dan Bahaya Kandungan Kaffein dalam Kopi. http://www.azk4.com/2009/02/manfaat-dan-bahaya-kopi.htm. Akses Tgl 20 Oktober 2011. Makassar.

Asosiasi Ekspor Kopi Indonesia, 2012. Jenis-jenis Kopi. http://kopiblackborneo. com/jenis-jenis-kopi/s. Akses Tanggal 20 Oktober 2011. Makassar

Armansyah M., 2010. Mempelajari Minuman Formulasi Dari Kombinasi Bubuk Kakao Dengan Jahe Instan. Teknologi pertanian. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Adhityo (2014). Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus Di kedai kopi Salwa House, Coffee Grove, Peacock Coffee dan Starbucks Coffee di Kota Semarang). Universitas Diponegoro. Semarang.

Arikunto,. 2006. Pengolahan Kopi. Fakultas Teknologi Institut Pertanian Bogor.

Listyari (2006). Analisis Skala Usaha Dan KeuntunganIndustri Kedai Kopi Di Kota Bandung. Perkembangan Usaha Kecil.

Natalia, dkk (2013). Analisis Respon Konsumen Terhadap Minat Beli Top Coffe di di Mr Coffe Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1, No. 2, (2013) 1-12

Ratna (2012). Analisis Pengaruh Kualitas, Kualitas Produk dan Promosi Penjualan. Strategi Pengembangan Industri Usaha Kecil.

Salvatore, 2002. Coffe Technology (Volume 2). Elsevier Applied Science, London and New York.

Saifuddin Azwar. 2005. Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2006. Metodelogi Penelitian Bisnis. Alfabeto. Bandung

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.

Suriani, 2007. Analisis Kandungan Kofeina Dalam Kopi Instan Berbagai Merek yang Beredar di Ujung Pandang. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Susanta, 2008. Respon Konsumen Terhadap Pembelian Mie Sedap Di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Sosial-Ekonomi, Volume 6, Nomor 2. UPN “Veteran” Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.