ANALISIS KELAYAKAN USAHA KUE KACANG HIJAU BAKPIA SABANG DI GAMPONG SINGGAH MATA KECAMATAN BAKTIA BARAT KABUPATEN ACEH UTARA

Syahrul ., Saiful Hurri

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilaksanakan di Gampong Singgah Mata Kecamatan Baktia Barat Kabupaten Aceh Utara pada usaha kue kacang hijau bakpia, yang dilaksanakan pada bulan September 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya keuntungan dan menganalisis kelayakan usaha kue kacang hijau bakpia di Gampong Singgah Mata Kecamatan Baktia Barat Kabupaten Aceh Utara. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis biaya, penerimaan, keuntungan, BEP, R/C Ratio dan B/C Ratio. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Besarnya keuntungan yang diperoleh dari usaha kue kacang hijau bakpia sabang Bapak Ishak di Gampong Singgah Mata Kecamatan Baktia Barat Kabupaten Aceh adalah Rp. 229.070.667,-/tahun. Dari perhitungan nilai BEP, nilai R/C dan nilai B/C dapat disimpulkan bahwa usaha kue kacang hijau bakpia sabang Bapak Ishak di Gampong Singgah Mata Kecamatan Baktia Barat Kabupaten Aceh Utara layak untuk diusahakan.

Kata kunci :Analisis Kelayakan, Usaha Kue Kacang Hijau Bakpia Sabang


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Assauri, Sofyan. 2007. Ilmu Ekonomi Teori Produksi. Universitas Indonesia, Jakarta.

Bambang, S. 2008. Pengantar, Teori, dan Kasus. Penerbit Penebar Swadaya. Cimanggis, Depok, Jakarta.

Bayu, Kanetro dan Agus Slamet.2014. Pelatihan Dan Pendampingan Pengrajin Bakpia Kemusuk Dengan Rasa Baru Menggunakan Oven Gas.Prosiding Seminar Nasional Hasil - Hasil Penelitian dan Pengabdian LPPM UMP tanggal 20 Desember. Purwokerto

Ibrahim, Yacob, H. M. 2007. Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Revisi, Penerbit PT. Rineka. Cipta, Jakarta

Ihsanudin. 2012.Kelayakan Usaha Industri Bakso Ikan Dalam Upaya Memberdayakan Ekonomi Masyarakat Pulau Kecil. Jurnal Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Trunojoyo Madura. Prosiding Semnas FAI 2012 ISBN:978-602-18810-0-2

Juanda, J., Cut E., dan Hanum V.M. 2011.Studi Preferensi Konsumen Terhadap Roti Tawar Labu Kuning (Cucurbitamoschata). Jurusan Teknologi Hasil Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Syiah Kuala Darussalam. Banda Aceh.

Kartasapoetra. 2007. Data Envelopment Analysis (DEA): Konsep Dasar dalam Metodologi Empiris DataEnvelopment Analysis (DEA).Pusat Antar Universitas Studi Ekonomi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Kasmir dan Jakfar. 2007. Studi Kelayakan Bisnis, Edisi 2. Kencana: Jakarta.

Kunarjo, 2006.Perencanaan dan Pengendalian Program Pembangunan. UI Press, Jakarta

Mangunwidjaja, D. dan I. Sailah. 2009. Pengantar Teknologi Pertanian. Penebar Swadaya, Jakarta.

Mankiw, G. N. 2007. Teori Mikro Ekonomi Edisi Keenam. Erlangga: Jakarta

Mega. 2013. Analisis Kelayakan Usaha Dan Strategi Pengembangan Industri Kecil Tempe di Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar. JurnalUniversitas Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Mubyarto. 2009. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta:Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan ekonomi dan Sosial (LP3ES) Edisi ke-3.

Rahim, A. dan Hastuti, D.R.D. 2007. Ekonomika Pertanian (Pengantar, Teori, dan Kasus). Penerbit Penebar Swadaya. Cimanggis, Depok, Jakarta.

Ricky, Nugroho. 2013. Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Bakpia Pathok 29 Dengan Metode Full Costing Pada Ukm Bakpia Pathok 29. Jurnal Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Soeharjo dan Patong, 2006.Sendi-Sendi Pokok Usaha Tani.Departemen Ilmu Sosial Ekonomi. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Soekartawi. 2009. Teori Ekonomi Produksi. Penerbit: Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Subagyo, P. 2007. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Rineka.Cipta. Jakarta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sukirno. 2010. Pengantar Teari Ekonomi Mikro. Penerbit: Raja Grafindo Persada Jakarta.

Surya, 2009. Manajemen Kinerja. Cetakan Ketiga. Penerbit Pustaka. Pelajar : Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.