STRATEGI PEMASARAN USAHA TEMPE PADA USAHA HOME INDUSTRI BANG DIN DI DESA KUALA JEUMPA KECAMATAN JEUMPA KABUPATEN BIREUEN

M. Ridha

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan pada tempe usaha Home Industri Bang Din di Desa Kuala Jeumpa Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada tempe pada usaha Home Industri Bang Din di Desa Kuala Jeumpa Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen dan untuk mengetahui strategi pemasaran tempe pada Usaha Home Industri Bang Din di Desa Kuala Jeumpa Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen. Metode analisis  data yang digunakan dalam  penelitian ini yaitu tahap pengumpulan  data (Identifikasi Faktor Internal dan Eksternal), diagram analisis SWOT, penentuan faktor kunci keberhasilan dan analisis matriks SWOT. Berdasarkan hasil analisis faktor internal dapat diidentifikasi bahwa kekuatan utamanya adalah ketersediaan bahan baku, sedangkan kelemahannya adalah promosi. Berdasarkan hasil analisis factor eksternal, dapat diidentifikasi peluang utamanya adalah luasnya potensi pasar dan ancamannya adalah munculnya produk sejenis dan kondisi cuaca. Berdasarkan hasil analisis SWOT, pemasaran tempe akan tepat apabila melakukan strategi growth oriented, yaitu merupakan situasi yang menguntungkan. Usaha tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Tempe, SWOT


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Assauri, Sofyan. (2008). Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Buruji, Evandi, dkk. 2013. Strategi pemasaran keripik pisang keju di UKM Qalifa Kota Gorontalo. Gorontalo

David, Fred R. 2010. Strategic Management. Manajemen Strategis.

Iqbal, M. 2012. Definisi Agroindustri. Jakarta

Kejino. 2012. Agroindustri dan Agribisnis. Erlangga. Jakarta

Kotler, Philip dan Keller, Kevin L., 2007 Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kedua belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Levitt, Philip. 2005. Imajinasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Nugraha, Angipta. (2011). Strategi Pemasaran Keripik Tempe. Batu retno, Wonogiri.

Nuraini, 2008. Manajemen Pemasaran. PT. Indeks. Jakarta

Putri, Darmawanti, dkk. Strategi Pemasaran Keripik Pisang. Cilongok. Bayumas.

Rahmady Radiany dan Andi Sularso. 2007. Konsentrasi Pemasaran. Surabaya: Badan Penerbit Mahardhika.

Rangkuti, Freddy (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Soekartawi. 2006. Pengantar Teori Agroindustri. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Swasta, basu dh. 2000. Saluran Pemasaran. Liberty. Yogyakarta.

Umikalsum.R.A. Strategi Pemasaran Usaha Industri Keripik Singkong Skala RumahTangga. Seberang Ulu II. Palembang.

Yumanda, Syahreza. (2009). Strategi Pemasaran Keripik Singkong Industry RumahTangga Cap Kelinci. Morawa, Deli Serdang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.