PROFITABILITAS USAHA KERUPUK KULIT DI DESA SENTOSA KECAMATAN MUTIARA BARAT KABUPATEN PIDIE (Studi Kasus UD. Usaha Famili)

Mauliza Saputra, Saiful Hurri

Sari


 

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sentosa Kecamatan Mutiara Barat Kabupaten Pidie yaitu pada usaha kerupuk kulit UD. Usaha Famili, yang dilaksanakan pada bulan Februari 2018.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profitabilitas usaha kerupuk kulit di Desa Sentosa Kecamatan Mutiara Barat Kabupaten Pidie. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan rumus biaya, pendapatan, keuntungan, dan B/C Ratio. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa agroindustri kerupuk kulit UD. Usaha Famili diDesa Sentosa Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie menguntungkan, dengan total keuntungan adalah sebesar Rp. 58.486.597,-/bulan. Dari analisis B/C dapat disimpulkan bahwa agroindustri kerupuk kulit UD. Usaha Famili di Desa Sentosa Kecamatan Mutiara Barat Kabupaten Pidie memiliki nilai profitabilitas yang tinggi.

Kata kunci :Analisis profitabilitas, Usaha Kerupuk Kulit


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ardansyah.2012. Profitabilitas Usaha Sentra Keripik Pisang. Jurnal Fakultas Ekonomi, Universitas Bandar Lampung. Lampung.

Daniar MA. 2008. Manajemen Usaha Pembuatan Kerupuk Rambak di Citra Rasa Desa Penanggulan Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal. Laporan Praktek Kerja Lapangan. Fakultas Peternakan, Universitas Diponegoro.Semarang.

Dyckman, Thomas R. 2007. Akuntansi Intermediate, Edisi Ketiga, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Firmansyah A. 2007. Pengaruh Perubahan Harga dan Teknologi Terhadap ProduksiDan Penggunaan Bahan Baku di Perusahaan Kerupuk Ratna Sari, Tangerang. Skripsi Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.Bogor

Harahap, S. Syafri. 2009. Teori Akuntansi Edisi Revisi. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Ibrahim Yacob, H. M. 2007. Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Revisi, Penerbit PT. Rineka. Cipta, Jakarta

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan. PT. Salemba Empat: Jakarta.

Joesron dan Fathorrozi. 2007. Teori Ekonomi Mikro. Edisi Kedua. PT. Salemba Empat: Jakarta..

Kasmir dan Jakfar. 2007. Studi Kelayakan Bisnis, Edisi 2. Kencana: Jakarta.

Kunarjo, 2007. Perencanaan dan Pengendalian Program Pembangunan. UI Press, Jakarta.

Oktafiyani. 2009. Analisis Kelayakan Usaha Pembuatan Kerupuk Rambak Kulit Sapi dan Kulit Kerbau (Studi Kasus: Usaha Pembuatan Kerupuk Rambak di Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal, Jawa Tengah). JurnalDepartemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian. Bogor.

Rahim, A. dan Hastuti, D.R.D. 2007. Ekonomika Pertanian (Pengantar, Teori, dan Kasus). Penerbit Penebar Swadaya. Cimanggis, Depok, Jakarta.

Santi. Y, Mailya 2009. Analisis Usaha Agroindustri Keripik Belut Sawah (Monopterus Albus Zuieuw) Di Kabupaten Klaten. Skripsi. Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian/Agrobisnis. Surakarta.

Soeharjo dan Patong, 2006. Sendi-Sendi Pokok Usaha Tani. Departemen Ilmu Sosial Ekonomi. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Soeparmoko. 2010. Ekonomika Untuk Manajerial. BPFE. Yogyakarta.

Sofyan, Assauri. 2007. Ilmu ekonomi teori produksi. Universitas Indonesia, Jakarta.

Stice K. Earl, Stice D. James, Skousen Fred. K. 2008. Intermediate Accounting, Edisi 15. Salemba Empat: Jakarta.

Subagyo. 2007. Statistik Induktif. BPFEUGM. Yogyakarta.

Sugiyono, 2008. Teknologi Pengolahan Jagung. Makalah Seminar Pertanian, Universitas Diponegoro 24 April 2008.Semarang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.