ANALISIS KELAYAKAN HOME INDUSTRI KERAJINAN SANGKAR BURUNG DI GAMPONG GEDONG TAMPUNG KECAMATAN JEUMPA KABUPATEN BIREUEN

Has nidar, T.M Nur

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilaksanakan di Gampong Gedong Tampung Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen yaitu pada home industri kerajinan sangkar burung Bapak Bakhtiar, yang dilaksanakan pada bulan September 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan home industri kerajinan sangkar burung             di Gampong Gedong Tampung Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis biaya, penerimaan, keuntungan, Revenue Cost Ratio (R/C), Benefit Cost Ratio (B/C) dan Return of Invesment (ROI). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa usaha kerajinan sangkar burung di Gampong Gedong Tampung Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen menguntungkan, dengan total keuntungan adalah sebesar Rp. 2.286.528,-/bulan atau Rp. 27.438.333,-/tahun. Dari besarnya keuntungan yang diperoleh dan berdasarkan perhitungan nilai R/C rasio, B/C rasio dan nilai ROI, dapat disimpulkan bahwa usaha kerajinan sangkar burung di Gampong Gedong Tampung Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen layak untuk diusahakan.

Kata kunci : Analisis Kelayakan, Kerajinan Sangkar Burung

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aditya, dkk. 2014. Analisis Kelayakan Usaha Lemari/Rak Simple and Easy Delivery Di Kecamatan Cikarang. Jurnal Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional (Itenas), Bandung

Anoraga, P. & J. Sudantoko. 2009. Koperasi, Kewirausahaan dan Usaha Kecil. Jakarta: Rineka Cipta,.

Eko Wuri Utomo. 2013. Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Kerajinan Sangkar Burung Dengan Pendekatan Value Engineering Guna Efisiensi Biaya Produksi. Jurnal Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fatmawati. 2011. Analisis Kelayakan Usaha Kerajinan Anyaman Tikar Pandan di Kecamatan Jaya, Kecamatan Tidore Utara, Tidore Kepulauan. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Amuntai Tidore

Ilmi. E. Mahfidatul, Joko Widodo2, Sutrisno Djaja3. 2015. Profil Home Industri Kerajinan Sangkar Burung Di Desa Dawuhan Mangli Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember (UNEJ).

Kadariah, Lien K. dan Clive Gray. 2005. Pengantar Evaluasi Proyek. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Kasmir dan Jakfar. 2007. Studi Kelayakan Bisnis, Edisi 2. Kencana: Jakarta.

Nitisemito, Alex, 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia, Gema pustaka, Jakarta.

Puspitadewi. 2008. Skripsi. Analisis Usahatani Stroberi (Studi Kasus Desa Tongkoh Kecamatan Tiga Panah dan Desa Korpri Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera. Medan.

Rahim dan Hastuti. 2007. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Soeharjo dan Patong, 2006. Sendi-Sendi Pokok Usaha Tani. Departemen Ilmu Sosial Ekonomi. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Soekartawi. 2006. Teori Ekonomi Produksi. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sugiarto, 2010. Ekonomi Mikro Suatu Pendekatan Praktis. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

Suratiyah Ken, S. Haerani, dan Nurleni. 2004. Marginalisasi Pekerja Wanita di Pedesaan. Studi Kasus Pekerja Wanita pada Industri Rumah Tangga Pangan di Daerah Sulawesi Selatan. Pusat Penelitian Kependudukan Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Surya. 2009. Ekonomi Agribisnis Pertanian. Akademika Pressindo. Jakarta.

Utami. 2004. Analisis Strategi Pemasaran dan Perkembangan Perusahaan Rokok PT. Gandum Malang. Skripsi Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Malang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.