PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KOTA LINTANG KUALA SIMPANG KABUPATEN ACEH TAMIANG

M. Shaleh Aksha

Sari


ABSTRAK

Guru berperan penting dalam menciptakan proses pembelajaran yang bermutu, berkualitas dan menyenangkan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui seberapa besar dampak peningkatan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA materi konsep system pencernaan makanan manusia melalui penggunaan media gambar. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini didesain dalam dua siklus. Prosedur dalam setiap siklus mencakup tahapan: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan tes kemampuan membaca. Data hasil observasi dideskripsikan, diinterpresentasikan, kemudian direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Sementara itu data hasil belajar siswa dianalisis dengan cara mendiskripsikan nilai tes antar siklus hingga hasilnya dapat mencapai batas tuntas sesuai indicator kinerja, yaitu minimal 65% siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan memperoleh nilai 60 atau lebih sebagai batas tuntas hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus diperoleh hasil bahwa rerata hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I sebesar 60.00% dan pada siklus ke II terjadi peningkatan menjadi 72,00%. Hasil observasi peneliti pada siklus I 82%, pada siklus II mencapai 86%. Sedangkan pada tingkat kemampuan siswa pada siklus I mencapai 87%, namun pada siklus ke II terjadi peningkatan sebesar 88%, tercapainya kriteria hasil. Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui media gambar, guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sistim pencernaan makanan manusia pada siswa V SD Negeri Kota Lintang Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang.

Kata Kunci: Sistem Pencernaan Makanan Manusia


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSAKA

Aadessanjaya. 2011. Model-model pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontrukvisti. Terdapat di http:/aadesanjaya.wordpress.com (diakese, 28 Januari 2012)

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Bukhari, dkk. 2011. Modul Materi Penelitian Tindakan Kelas Guru TK. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Haryanto. 2007. Sains untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jakarta: Erlangga.

Kunandar. 2009. Langkahan Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Moleong, J. Lexy. 2006. Metedologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Rosda

Nurhuda. 2010. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar pada Pelajaran IPA-Biologi siswa SD Inpres Bertingkat Memanjang I Makasar. Skripsi: Makasar

Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning Teori & Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Pelajar

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group

Wardhani & Wihardit. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.