REGULASI DIRI ANAK DENGAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DAN POLA ASUH ORANG TUA DI PAUD ZAMZAM BIREUEN
Sari
ABSTRAK
Regulasi diri pada anak merupakan hal penting dimasa depan. Anak umur 4-6 tahun berada pada fase golden age dan bersekolah di Pendidikan anak Usia Dini (PAUD) memerlukan pengendalian regulasi diri sebagai pondasi awal untuk fase perkembangan selanjutnya dengan pola asuh dari orang tua yang merupakan tempat pendidikan dasaryang terbagi menjadi tiga pola asuh yaitu otoriter, demokratis, dan permisif berpengaruh besar dalam pertumbungan anak di dukung oleh guru Pendidikan anak pertama yaitu PAUD yang menggunakan konsep pembelajaran konstruktivisme yaitu menginterpretasikan bahwa seorang anak dapat memecahkan suatu permasalahan dengan merekonstruksi pemikirannya untuk mengakomodasi informasi baru. Bagi pengajar PAUD Zamzam menegaskan aktivitas pembelajaran berdasarkan pengalaman dan orientasi temuan baru. Diperoleh hasil ada hubungan yang signifikan antara pola asuh dan pembelajaran kontrukstivisme terhadap regulasi diri pada anak. Penelitian di lakukan di PAUD Zamzam Bireuen dengan sampel berjumlah 20 anak dengan perhitungan hasil analisis korelasi product moment.
Kata Kunci: Regulasi Diri Pada Anak, Pembelajaran Konstruktivisme dan Pola Asuh Orang Tua
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR RUJUKAN
Aisyah, Siti. 2007. Perkembangan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.
Anastasi, A. (1976). Psychological testing,Fourth Edition. New York :Macmillan Publishing Co., Inc.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu PendekatanPraktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta:PT. Raja Rafindo Persada.
Hurlock, Elizabeth B. 1993 Perkembangan Anak. Jakarta:Erlangga.
Latif M, dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Lestari, Surti Deniarti. 2014. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini (Usia3-5 Tahun)”. Universitas Pendidikan Indonesia.
Mulyasa, H.E. 2014. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Santrock, J. W. 2010. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta:Kencana.
Santrock, J.W. 2007. Perkembangan Anak, Edisi Kesebelas. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Solso, L. Robert, dkk. 2008. Cognitive Phychology. Jakarta: GeloraAksara Pratama.
Sudaryono, dkk. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sujiono, Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Sugiyono. 2007. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Wardoyo, 2013. Pembelajaran Kontruktivisme. Bandung : Alfabeta
William F. O’neil. 2008. Ideologi Ideologi Pendidikan. Pustaka Pelajar
Zaviera, Ferdinand. 2008. Teori Kepribadian Digmund Freud. Prisma Sophie
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.