PERSONALITY DAN SIKAP RELIGIUSITAS

Zahriyanti Zubir

Sari


Personality atau kepribadian merupakan pernyataan atau istilah yang digunakan menyebut tingkah laku seseorang yang terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan religiusitas merupakan kedalaman penghayatan keagamaan seseorang dan keyakinannya terhadap adanya tuhan yang diwujudkan dengan mematuhi perintah dan menjauhi larangan dengan kaiklasan hati dan dengan seluruh jiwa dan raga. Maka antara kepribadian dan religiusitas sangat berkaitan antara satu dengan yang lain. Lebih dari itu, personality atau kepribadian sangat mempengaruhi religuisitas atau keagamaan seseorang. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu: Library research (penelitian kepustakaan), adalah suatu penelitian yang digunakan untuk membaca dan menelaah buku-buku dan bahan-bahan lainnya yang ada hubungannya dengan objek yang diteliti. Sedangkan metode penelitiannya yaitu studi kepustakaan (Study Literature). Penelitian ini bersifat mengeksplorasi dan mengumpulkan berbagai data-data dari kepustakaan yang dibutuhkan penulis, terutama sekali dari buku-buku yang berkaitan dan berhubungan dengan judul atau tema penelitian, baik itu buku-buku tentang personality maupun buku-buku tentang religiusitas.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul, H. A & Mubarok. Metodologi Studi Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2004.

Agus, B. Agama Dalam Kehidupan Manusia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.

Ancok, D. & Suroso, F. Psikologi Islami; Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.

Jalaluddin. Psikologi Agama. Jakarta : PT. Grafindo Persada, 2005.

Jalaludin, Psikologi Agama, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 1996.

Muhammad Hasyim, Penelitian Dasar dan Kaidah Penelitian Masyarakat, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2002.

Parti. Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Perilaku Keberagamaan Siswa. Skripsi. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang, 2012

Purwanto, Yadi, Psikologi Kepribadian, Bandung: PT. Refika Aditama, 2007.

https://kurniahidayati.wordpress.com/2011/10/12/makalah-kepribadian-dan-sikap-keagamaan/

http://jalurilmu.blogspot.co.id/2011/10/religiusitas.html

http://islachul08.blogspot.co.id/2014/02/memahami-makna-religiusitas.html


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.