PIKIRAN SADAR DAN BAWAH SADAR

Ikhwani Ikhwani

Sari


Setiap manusia normal terlahir dengan potensi Pikiran Sadar dan Bawah Sadar yang sama. Namun, dalam proses tumbuh-kembang seorang manusia hanya sebagian kecil saja dari seluruh potensi yang berkembang sepenuhnya dalam Pikiran Sadar. Umumnya manusia modern tidak banyak menggunakan potensi Bawah Sadarnya karena di sekolah dia hanya diajarkan bagaimana menggunakan pikiran Sadarnya (logika dan analisa). Padahal kalau kita maumenggunakan potensi Bawah Sadar kita, manusia bias mengembangkan dirinya ke level yang lebih tinggi. Oleh karena itu, sebagaimana manusia yang berakal, sudah sepantasnya kita mengelola dengan baik pikiran kita, karena pikiran itu akan mempengaruhi segala aksi dan tindakan serta perilaku individu. Dalam konteks relijiousitas, terlihat jelas betapa Allah memberikan kemuliaan kepada manusia dengan menganugerahinya pikiran. Dengan pikiran ini manusia dapat membedakan baik dan buruk, serta memahami ilmu-ilmu yang Allah turunkan melalui malaikat dan Rasulnya. Pikiran inilah yang kemudian menuntun manusia untuk dapat memahami hakikat dan tujuanhidup di dunia. Pikiran sebagai media untuk memahami kebesaran ciptaan Allah yang ada di langit dan bumi. Demikian juga dalam hal pendidikan, pikiran merupakan faktor utama dalam hal memahami pengajaran-pengajaran yang Allah berikan dalam Al-Qur’an terhadap ummat-ummat terdahulu.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Quran

Debbie Frank, Pesanlah Cinta dan Kebahagian Melalui Cosmic Ordering (Jakarta: UPUK PRESS, 2007), 22.

Freud, Sigmund. Psiko Analisis Sigmund Freud, Editor dan Penerjemah K. Bertens, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2006

Gunawan, AdiW. Hypnosis: The Artof Subconscious Communication, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006

Gunawan, AdiW. Hypnotherapi: The Art of Subconscious Restucturing, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007

Gunawan, Adi W. The Secret of Mindset, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008

Losier, Law of Attraction: Mengungkap Rahasia Kehidupan (Jakarta: UPUK PRESS, 2007).

Murphy, Joseph. Maximize Your Potential through the Power of Your Sub Conscious Mind, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2011.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.