PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA MATERI HIWAYAH DI KELAS XI MIA.1 SMA NEGERI 1 MEUREUBO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Vera Desiana

Sari


Masalah kemampuan belajar siswa di sekolah masih banyak yang mengalami masalah, terutama kemampuan belajarya masih rendah. Hal disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya masih ada guru yang belum mampu menggunakan metode yang benar. Peneltian ini dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan Oktober sampai dengan Desember 2020 di SMA Negeri 1 Meureubo yang bertujuan untuk mengetahui dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas XI MIA.1 pada materi genetik pelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan metode diskusi pada SMA Negeri 1 Meureubo. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIA.1 SMA Negeri 1 Meureubo yang jumlah siswanya 25 orang siswa sebagai subjek penelitian, untuk memperoleh data penulis menggunakan  teknik pengumpulan data  tes dan non tes. Setelah data terkumpul dengan baik diolah dan dianalis dengan cara membandingkan antara pra siklus, siklus I dan siklus II. Hal penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan belajar siswa kelas XI MIA.1 SMA Negeri 1 Meureubo pada materi Genetik dengan menggunakan metode diskusi. Hal ini terbukti pada pra siklus hanya 5 siswa (33,33%) yang mencapai KKM, menjadi 15 siswa (66,66%) pada siklus I dan meningkat 29 siswa (96,66%) pada siklus II yang tuntas secara klasikal.

 

Kata Kunci: Metode diskusi, Kemampuan Belajar Siswa.

           


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, M.1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Erlangga.

Astuti, N. 2003. Metode diskusi Pembelajaran dengan Langkah-Langkah Pemecahan Masalah Soal Cerita Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Hadari, Nawawi. 2001. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hamalik, Oemar. 2003. Metode Mengajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Hidayat, Komarudin. 2002. Active Learning. Yogyakarta: Yappendi.

Kurniawati. 2010. Definisi Metode Diskusi. http://definisi-pengertian.blogspot.com, diakses tanggal 30 September 2011.

Lie, Anita. 2003. Coorperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Pahyono dkk. 2005. Strategi Pembelajaran Efektif, Metode Diskusi. Makalah disampaikan pada diklat guru kurikulum KBK di LPMP Jawa Tengah.

Susilowati. 2009. Teori-teori Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Suryabrata, Sumadi. 2000. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajawali.

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.