UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL JIGSAW PADA MATERI KEDAULATAN DI KELAS X MIA.1 SMA NEGERI 2 SEUNAGAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Sari
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang: pertama bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model Jigsaw pada materi kedaulatan di kelas X MIA.1 SMA Negeri 2 Seunagan. Kedua Bagaimana aktivitas guru dengan menggunakan model Jigsaw pada materi kedaulatan di kelas X MIA.1 SMA Negeri 2 Seunagan. Metode dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa presentase tingkat keaktivan siswa pada siklus 1 pertemuan 1 memang sudah baik (80) dan siklus 1 pertemuan 2 meningkat 90, namun hal tersebut belum memuaskan peneliti dan oleh sebab itu dilakukan perbaikan yang merupakan hasil refleksi siklus 1. Ada perubahan yang cukup menggembirakan setelah dilakukan perbaikan, yaitu pada siklus 2 pertemuan 1 dan 2 tingkat keaktifan siswa sudah mencapai 96,25 tetapi hal tersebut belum memuaskan peneliti dan oleh sebab itu dilakukan perbaikan hasil refleksi siklus 3 tingkat keaktivan siswa sudah mencapai 100% Artinya, semua siswa dalam kelompok bekerja sama, aktif, dinamis, penuh kebersamaan sehingga dapat mengerjakan tugas kelompoknya dengan baik. Berdasaran tabel dan grafik diatas dapat disimpulkan pada siklus 1 ada kekurangan dikegiatan inti dan akhir, di siklus 2 pertemuan 1 kekurangan dikegiatan inti dan akhir, pada pertemuan 2 kekurangan di kegiatan inti. Kekurangan itu sudah terlihat pada siklus 1 dan 2 kemudian diusahakan perbaikan pada siklus 3, Alhamdulillah hasilnya sudah optimal. Jadi dalam pembelajaran Model Jigsawbisa diterapkan, untuk mengembangkan penalaran dan menumbuhkan semangat kerjasama antar siswa serta keberanian mengeluarkan pendapat.
Kata Kunci: Jigsaw, hasil belajar, kedaulatan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas, 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Depdiknas, 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi PKn. Jakarta.
Depdiknas, 2005. Pedoman Evaluasi Proses dan Hasil Belajar PKn SMA/ MTs
Muslimin Ibrahim, dkk 2000.Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Lou anne Johnson 1991. Pengajaran Kreatif dan Menarik
Sugiharso, Sugiyono, Gunawan, Karsono. 2007. PKn Kelas X MIA.1
Sri Hastuti Lastyawati, Supriyanto. 2007. Pendidikan Kewarganegaran kelas X MIA.1
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.