UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA MATERI INDAHNYA KEBERSAMAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IBL (INQUIRY BASED LEARNING) SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Sari
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Tematik Pada Materi Indahnya Kebersamaan Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Model Pembelajaran IBL (Inquiry Based Learning). Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri 5 Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020. Jumlah siswa adalah 18 dengan siswa laki-laki adalah 12 siswa adalah perempuan 6 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Januari 2020 sampai dengan Maret 2020 pada semester genap. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 33.33% pada pra penelitian meningkat menjadi 61,11% pada siklus I dan meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Model Pembelajaran IBL (Inquiry Based Learning) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Tematik Pada Materi Indahnya Kebersamaan Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Aktivitas, Model, IBL Tematik, Indahnya Kebersamaan.Teks Lengkap:
PDFReferensi
Hasbullah, 2011. Imlementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamalik, O. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman, A. M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Sukardi, 2009. Matematika SMA. Surakarta: Widya Duta.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Cemerlang: Jakarta.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.