PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA MATERI NARRATIVE-SPEAKING MELALUI MODEL TEAM GROUP TOURNAMENT BAGI SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 SAMALANGA SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2014/2015

Marzuki Marzuki

Sari


Upaya peningkatan hasil belajar siswa perlu terus dilakukan dan diterapkan dengan berbagai cara untuk mempermudah pemahaman siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar yang diperoleh siswa. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah melalui model Team Group Tournament (TGT) pada proses mengajar belajar yang dianggap dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Model Team Group Tournament (TGT) diharapkan lebih memotivasi siswa dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model Team Group Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada materi narrative-speaking? Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris melalui model Team Group Tournament (TGT) bagi siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Samalanga semester 1 tahun ajaran 2011/2012. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Samalanga tahun ajaran 2011/2012 kelas XII IPA 3 sebanyak 30 orang. Pengumpulan data diperoleh melalui: tes tertulis, lembar observasi dan wawancara. Hipotesis dalam penelitian ini adalah melalui model Team Group Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada materi narrative-speaking bagi siswa kelas XII IPA 3 semester 1 SMA Negeri 1 Samalanga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir siklus II terjadi peningkatan rata-rata sebesar 58,59 %, yaitu dari rata-rata tes kondisi awal 4,83 menjadi 7.66. Sedangkan ketuntasan belajar siswa ada peningkatan sebesar 52,93%, dari kondisi awal yang sudah tuntas hanya 5 siswa menjadi 24 siswa. Dengan demikian sebagian besar siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Samalanga mengalami peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris pada materi narrative-speaking.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Team Gruop Tournament (TGT).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anita, Lie. 2002. Coorperative Learning. Jakarta Grasindo.

Anitah, 2008. Strategi Pembelajaran di SMA. Jakarta. Universitas Terbuka.

BNSP , 2007. Pedoman Penilaian Hasil Belajardi SD. Jakarta. Depdiknas.

BNSP, 2007. Pedoman Penilaian Hasil Belajar di SD. Jakarta. Depdiknas.

BNSP, 2007. Standar Kompetensi dan kompeternsi Dasar. Jakarta. Depdiknas.

Budimansyah Dasim. 2002 Model Pembelajaran dan Penilaian. Siliwangi. HDB.

Dinas Prop Aceh, 2004. Model-model Pembelajaran dan Penilaian. Makalah disampaikan pada Bintek Guru SMP bidang studi Bahasa Inggris.

Hadari, Nawawi. 2001. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta. Gajah Mada University Press.

Hakim, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran efektif, Model pembelajaran Kooperatif Learning. Makalah disampaikan pada diklat guru kurikulum KTSP di LPMP Banda Aceh.

Hidayat Komarudin, 2002. Active Learning. Yogyakarta. Yappendi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.