PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE INKUIRI MATERI KERJASAMA DALAM BERBAGAI BIDANG KEHIDUPAN PELAJARAN PPKN KELAS VII DI SMP NEGERI 1 TANAH PASIR KABUPATEN ACEH UTARA

Mustafa Mustafa

Sari


Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Inkuiri Materi Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan pelajaran PPKN kelas VII di SMP Negeri 1 Tanah Pasir Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauhmana Metode Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII semester 1I tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: ketuntasan belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada setiap akhir siklus. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila85% dari jumlah siswa berkategori tuntas dengan kriteria tuntas belajar apabila nilai hasil evaluasi pada siklus I, dan II70. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 63,9 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 72,2%. Pada siklus II menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 78,9 dan persentase ketuntasan belajar sebesar94,4%. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan Metode Inkuiri dapat meningkatkanhasil belajar siswa kelas VII semester 1I tahun pelajaran 2020 / 2021 pada materi Kerjasama dalam Berbagai Bidang kehidupan.

Kata kunci: Metode Inkuiri, Hasil Belajar, Kerjasama Dalam Berbagai Bidang kehidupan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang; IKIP Semarang Press.

Mardianto. 2012. Psikologi Pendidikan. Medan; Perdana Publishing.

Muhibbin Syah, 2011. Psikologi Belajar. Jakarta; Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.

Purwanto, Ngali,. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung; Remaja Rosda Karya.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta; Prenada Media Grup.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta; Kencana.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta; Rineka Cipta.

Usman, M. Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung; Rosda Karya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.