PERANAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA-1 PELAJARAN KIMIA MATERI SENYAWA HIDROKARBON PADA MAN 1 ACEH UTARA KABUPATEN ACEH UTARA

Maryam Maryam

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Discovery Learning (DL ) pada pembelajaran Kimia. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIA-1 MAN 1 Aceh Utara dengan total sampel sebanyak 25 siswa. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus dilakukan dengan 2 kali pertemuan. Pokok bahasan yang dibahas adalah Senyawa hidrokarbon. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah Meningkatkan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode Discovery Learning? Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: Ingin Meningkatkan prestasi siswa setelah diterapkannya metode Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA-1 semester ganjil. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analisis didapatkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami Meningkatkan dari siklus I sampai siklus II yaitu, rata-rata kelas siklus I (67,84) siklus II (80,6). Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode Discovery Learning dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Siswa kelas XI MIA-1 semester ganjil tahun 2017/2018, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Kimia.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Senyawa Hidrokarbon, Metode Discovery Learning.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Putra.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa Untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Srabaya.

Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru–Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sukidin dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insane Cendekia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.