PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPA1 MELALUI PENERAPAN MULTI MODEL MATERI METABOLISME PADA SMA NEGERI 1 SIMPANG MAMPLAM KABUPATEN BIREUEN

Fitriani Fitriani

Sari


Masalah menadasar dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi khususnya pada materi Metabolisme. Oleh karena itu penulis berkeinginan untuk melakukan perbaikan pembelajaran. Perbaikan pembelajaran dilakukan melalui Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus pembelajaran. Fokus perbaikan pembelajaran ditekankan pada peningkatan hasil belajar siswa pada materi Metabolisme dalam menerapkan Multi model pembelajaran .Kegiatan penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Simpang Mamplam pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 pada siswa kelas XII IPA1 yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Multi Model pembelajaran padamateri Metabolisme di kelas XII IPA 1 SMAN 1 Simpang Mamplam. Setelah dilakukan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan Multi Model pembelajaran ,hasil danaktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dari data yang dikumpulkan, Pada tes siklus I siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 34,78% (8 siswa) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 65,21% (15siswa). Kemudian mengalami peningkatan pada tes siklus II, yaitu siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 82,60% (19siswa) dansiswa yang belum tuntas hanya 17, 39% (4 siswa). Dengan peningakatan nilai rata-rata kelas yaitu siklus I 69% dansiklus II 82%. Adapun hasil nontes pengamatan proses belajar mengajar menunjukkan perubahan siswa lebihaktif selama proses pembelajaran berlangsung. Secara keseluruhan rata-rata kelas mencapai peningkatan pada siklus I yaitu 21,05% terhadap Pra siklus dan peningkatan pada siklus II yaitu 18,84% terhadap siklus I. Dengan menggunakan Multi Model pembelajaran ternyata mampu meningkatkan hasil belajar Biologi siswa pada materi Metabolisme.

Kata kunci: Metabolisme, Multi Model pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Duran Corebima, A. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen

Dimyati, 1988. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud

Dirjen Dikdasmen, 2002. Contextual Teaching and Learning. Jakarta: Depdiknas

Muslimin, Ibrahim, 2003.Pembelajaran Berdasarkan masalah. Jakarta: Depdiknas

Nasution, 1996. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara

Usman, Moh. User, 2000. Majalah Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Prawirahartono, Slamet, 1999. Biologi 1. Jakarta: Bmi Aksara


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.