PENGARUH PEMBERIAN BATANG PISANG DAN DEDAK PADI TERHADAP PERTAMBAHAN BERAT BADAN KERBAU LUMPUR JANTAN

Yasser Armia

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian tentang pengaruh pemberian batang pisang dan dedak padi terhadap pertambahan berat badan kerbau lumpur jantan yang mendapat pakan dasar rumput gajah terhadap pertambahan berat badan kerbau lokal jantan telah dilakukan pada 12 ekor kerbau lumpur jantan dengan umur 1.5 tahun dengan berat badan rata-rata 285 kilogram. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 4 ulangan yaitu A. rumput gajah, B. rumput gajah + batang pisang, C. rumput gajah + batang pisang + dedak. Parameter yang diukur adalah pertambahan berat badan, konsumsi pakan dan konversi pakan. Data dianalisis dengan sidik ragam, dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan bila terdapat perbedaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerbau yang mendapatkan tambahan dedak padi dan penambahan pemberian dedak padi ditambah batang pisang dapat meningkatkan pertambahan berat badan dan konsumsi pakan. Sedangkan pada konversi pakan tidak berbeda nyata. Berarti pemberian dedak  padi  ditambah batang pisang  dapat  meningkatkan pertambahan berat  badan  dengan meningkatkan kualitas pakan.

 

Kata kunci : Batang pisang, dedak padi, kerbau jantan, berat badan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Diwyanto, K. dan H. Handiwirawan. 2006. Strategi pengembangan ternak kerbau: Aspek penjaringan dan distribusi. Prosiding Lokakarya Nasional Usaha Ternak Kerbau Mendukung Program Kecukupan Daging Sapi. Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan. Bogor. Indonesia.

Handiwirawan E, A. Suryana, dan C. Talib. 2009.

Karakteristik tingkah laku kerbau untuk manajemen produksi yang optimal. Dalam: Bamualim AM, Talib C, Herawati T, penyunting. Peningkatan peran kerbau dalam mendukung kebutuhan daging nasional. Prosiding Seminar

dan Lokakarya Nasional Usaha Ternak Kerbau. Tana Toraja, 24-26 Oktober 2008. Bogor (Indonesia): Puslitbangnak. p. 97-104.

Kearl R.L. 1982. Nutrient requirements for ruminant animals in developing countries: domestic buffalo. Utah (UK): Utah University.

Martawidjaja, M. B. Setiadi, dan Sorta. S. Sitorus.

Pengaruh tingkat protein-energi ransum terhadap kinerja produksi kambing kacang muda. JITV. 4 (3): 167-172.

Paramita, L. W., W.E. Susanto, dan A.B. Yulianto.

Konsumsi dan Kecernaan Bahan Kering dan Bahan Organik di alam Haylase Pakan Lengkap Ternak Sapi Peranakan Ongol. Media Kedokteran Hewan. Vol. 24 (1): 59-62.

Perry, T. W., A. E. Cullison and R. S. Lowrey. 2005.

Feed and Feeding. 6nd Ed. Pearson Education, Inc. Upper Saddle River. New Jersey.

Praharani L., E. Juarini, I.G.M. Budiarsana. 2010.

Parameter indikator inbreeding rate pada populasi ternak kerbau di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Dalam: Talib C, Herawati T, Matondang RH, Syafitrie C, penyunting. Peningkatan

produktivitas kerbau melalui aplikasi teknologi reproduksi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan peternak. Prosiding Seminar dan Lokakarya Nasional Kerbau. Brebes, 11-13

November 2009. Puslitbangnak. Bogor. Indonesia. p. 93-99.

Reksohadiprojo, S. 1984. Bahan Makanan Ternak Limbah Pertanian dan Industri. BPEE. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Sari, E.M., M.A.N. Abdullah dan Sulaiman. 2015.

Kajian Aspek Teknis Pemeliharaan Kerbau Lokal di Kabupaten Gayo Lues. Agripet. 15 (1): 57-60.

Sariubang, M., R. Kallo dan L. Kristanto. 2011.

Kajian penggemukan kerbau melalui pemberian pakan konsentrat dengan sistem “soma” di kabupaten tana toraja. Seminar dan Lokakarya Nasional Kerbau 2011. 82-83.

Talib C, T. Herawati, Hastono dan Kuswandi. 2013.

Perbaikan genetik kerbau melalui seleksi dan persilangan. Dalam: Laporan akhir penelitian TA 2013. Balai Penelitian Ternak. Bogor. Indonesia.

Talib, C., T. Herawati dan Hastono. 2014. Strategi Peningkatan Produktivitas Kerbau melalui Perbaikan Pakan dan Genetika. Wartazoa. 24 (2):

-96.

Yurleni. 2013. Produktivitas dan karakteristik daging kerbau dengan pemberian pakan yang mengandung asam lemak terproteksi. Thesis. Institut Pertanian Bogor. Bogor. Indonesia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.