KARAKTERISTIK PREFERENSI PEREMPUAN PEKERJA DI KOTA LHOKSEUMAWE

Elvina , Zusma Widawaty A. Wahab

Sari


Peran perempuan pekerja merupakan bagian yang dimainkan dan cara bertingkah laku perempuan dalam pekerjaan untuk memajukan dirinya sendiri. Perempuan pekerja memiliki peran rangkap yaitu peran yang melekat pada kodrat dirinya yang berkaitan dengan rumah tangga dan hakikat keibuannya serta pekerjaan di luar rumah.Penelitian ini memiliki tujuan khusus untuk mengetahui karakteristik preferensi perempuan pekerja di Kota Lhokseumawe yang dilihat dari status perkawinan dan beban tanggungan. Populasi dalam penelitian ini se-banyak 873 perempuan pekerja di jasa keuangan/perbankan dan jasa kesehatan. Dari popu-lasi tersebut terpilih sampel sebanyak 262 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling atau sampel acak sederhana.Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner terhadap sampel yang terpilih. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, crosstab atau tabu-lasi silang dan uji ketergantungan dengan Chi Square Test.Hasil penelitian menunjukkan status perkawinan mempunyai hubungan dengan keputusan seorang perempuan untuk bekerja disamping harus mengurus urusan rumah tangga, hal ini mengindikasikan bahwa status perkawinan mempengaruhi terhadap keputusan seseorang untuk bekerja dalam membantu kebutuhan rumah tangganya.Beban tanggungan dalam keluarga mempengaruhi terhadap keputusan seseorang untuk bekerja, hal ini mengindikasikan bahwa semakin besar beban tanggungan menjadi dasar bagi perempuan untuk bekerja membantu perekonomian keluarga.

 

Kata Kunci: Perempuan pekerja, status perkawinan, beban tanggungan.


Referensi


Daftar Pustaka

Cahyono, S. Andy. (1998). Karakteristik Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi Pendapatan Penyadap Getah Pinus di Desa Somagede Kebumen Jawa Tengah. Jurnal UGM.

Fadila, Ade Citra, dan Dewi Ayu Hidayati. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Anak. Jurnal Sosiologie, Vol. 4 : 262-269.

Ihromi, Omes. (1990). Wanita Bekerja dan Masalah-Masalahnya. Jakarta : Pusat Pengembangan Wanita.

Munandar, SC Utami. (2001). Wanita Karier : Tantangan dan Peluang. Yogyakarta : Sunan Kalijaga Press.

Prabuningrat, Sitoresmi. (1993). Sosok Wanita Muslimah Pandangan Seorang Artis. Yogyakarta : Tiara Wacana.

Sounders, W. B. (2007). Kepribadian, Nilai dan Gaya Hidup. Terjemahan. London : SAGE Publications.

Suyatno. (2009). Pendidikan Karakter. Jakarta : Elex Media Computindo.

Wayne dkk. (2007). Nilai dan Gaya Hidup. New Jersey : Prentice Hall.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.