PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MEDIA BY DESAIN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 KELAS III MIN 21 BIREUEN

Faizah M Nur, Lia Safitri

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa kelas III MIN 21 Bireuen pada tema 1 subtema 1 melalui penerapan pendekatan saintifik dan media by desain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas, untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tema 1 subtema 1 menggunakan pendekatan saintifik dan media by desain. Penelitian terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di MIN 21 Bireuen pada bulan September 2019. Subyek penelitian adalah siswa kelas III MIN 21 Bireuen yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data berupa: 1) data tes pemahaman belajar siswa yaitu tes akhir siklus setelah dilaksanakan penerapan pendekatan saintifik dan media by desain berbentuk soal essay sejumlah 10 soal dengan tema 1 subtema 1; 2) data aktivitas guru dan siswa kelas III MIN 21 Bireuen diperoleh dari hasil pengamatan oleh dua orang observer saat pembelajaran berlangsung menggunakan lembar observasi yang telah disediakan; dan 3) data wawancara berupa pertanyaan terhadap responden berbentuk 5 pertanyaan, menggunakan wawancara terstruktur berupa pedoman wawancara dan rubrik nilai pada pokok jawaban dari responden. Teknik analisis data dilakukan melalui analisis tes hasil belajar dan analisis hasil observasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian di atas, disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dan media by desain dapat meningkatkan pemahaman siswa pada tema 1 subtema 1 kelas III MIN 21 Bireuen. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa, yaitu 30 siswa mengalami peningkatan hasil belajar secara klasikal sebesar 23,33 dari siklus I sebesar 70% dan pada siklus II menjadi 93,33%. Sedangkan nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 16,83 dari siklus I sebesar 70,5% menjadi 87,33% pada siklus II. Aktivitas guru meningkat dengan presentase rata-rata pada siklus I sebesar 85,71% dan pada siklus II meningkat 10% menjadi 95,71%. Adapun aktivitas siswa meningkat dengan persentase rata-rata pada siklus I sebesar 79,28% dan pada siklus II meningkat 14% menjadi 93,28%. Selanjutnya, hasil wawancara terhadap responden terlihat dari 9 subjek wawancara pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 86,11% dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat 5,55% menjadi 91,66% dengan kategori sangat baik.

Kata kunci:  penerapan, pendekatan saintifik dan media by desain, meningkatkan, pemahaman siswa, tema 1 subtema 1


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afrianti. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Materi Lingkaran 1. Bireuen: Universitas Almuslim.

Arief, Sadiman., dkk. 2012. Media Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi., dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Irmawati. 2016. Penerapan Media Belajar Alat Peraga Dadu pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Kelas II SDN 35 Kampung Sawah Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Riset Tindakan Indonesia (JRTI) Volume 1. Nomor 1.26.

Kemendikbud. 2015. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: BPSDMPK.

Linda, Fatmawati., Sukidin, Bambang Suyadil. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Siswa melalui Pendektan Konvensional dengan Pendekatan Saintifik pada Kompetensi Dasar Fungsi Manajemen Siswa Kelas X di SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Pendidikan Jember. Volume 11. Nomor 2 .139.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sudijono. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Gafindo Persada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.