FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KETERATURAN PEMERIKSAAN ANC DI KLINIK YANTI HUTAHAEAN KOTA PEMATANGSIANTAR TAHUN 2019

Afrahul Padilah Siregar, Dewi Sartika, Frentauli Simanjuntak

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan keteraturan pemeriksaan ANC di Klinik Yanti Hutahaean Kota Pematangsiantar tahun 2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan April s.d Agustus 2019 di Klinik Yanti Hutahaean Kota Pematangsiantar. Populasi penelitian adalah seluruh ibu hamil trimester III di Klinik Yanti Hutahaean Kota Pematangsiantar tahun 2019 yang berjumlah 32 orang, yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel total population. Lalu, teknik pengumpulan data melalui tiga jenis data, yaitu data primer, sekunder dan tertier. Sedangkan, analisis data menggunakan: 1) analisis univariat, untuk mendapatkan gambaran karakteristik responden menggunakan distribusi frekuensi setiap variabel bebas dan terikat; 2) analisis bivariat, untuk melihat ada tidaknya hubungan setiap variabel bebas dan terikat menggunakan uji chi-square. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian di atas, disimpulkan bahwa ada hubungan antara faktor pendidikan, pengetahuan, dukungan suami dan jarak dengan keteraturan pemeriksaan ANC di Klinik Yanti Hutaean Kota Pematangsiantar tahun 2019, yaitu: a) hubungan pendidikan dengan keteraturan pemeriksaan ANC berdasarkan hasil uji chi-square p=0,003; b) hubungan pengetahuan dengan keteraturan pemeriksaan ANC berdasarkan hasil uji chi-square p=0,000; c) hubungan dukungan suami dengan keteraturan pemeriksaan ANC berdasakan hasil uji chi-square p=0,002; dan 4) hubungan jarak rumah ke faskes dengan keteraturan pemeriksaan ANC berdasakan hasil uji chi-square p=0,027.

Kata kunci:  faktor, berhubungan, keteraturan pemeriksaan ANC, Klinik Yanti Hutahaean


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmalia R. 2017. Hubungan Pengetahuan, Pendidikan dan Dukungan Suami dengan Kunjungan Pemeriksaan Antenatal Care di Puskesmas Lubuk Alung. Bukit Tinggi: LPPM Stikes FDK.

Aini, Q. 2015. Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Bidan dalam Pelayanan Antenatal Care di Wilayah Puskesmas Kabupaten Jember. Jember: Repository Universitas Jember.

Data dan Informasi Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. 2018. Medan: Profil Kesehatan Sumatera Utara.

Junga, MR., Pondaag, L., Kundree, R. 2017. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Keteraturan Pemeriksaan ANC Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Ranotana Weru. Manado: Jurnal Keperawatan Universitas Sam Ratulangi.

Muhammad, I. 2016. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis.

Mulyanti, L., Mudrikatun, Sawitry. 2013. Hubungan Dukungan Suami pada Ibu Hamil dengan Kunjungan ANC di Rumah Bersalin Bhakti Ibi Jl. Sendangguwo Baru V No. 44C Kota Semarang. Semarang: Jurnal Kebidanan Universitas Muhammadiyah Semarang.

Nahak, KA. 2017. Hubungan Dukungan Suami dengan Kepatuhan Melakukan Kunjungan ANC pada Ibu Hamil TM III di Puskesmas Sasi Kabupaten Timor Tengah Utara. NTT: Akademi Kebidanan Santa Elisabeth Kefamenanu.

Nanda, DDWI. 2018. Hubungan Kunjungan Antenatal Care dengan Kejadian Anemia Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Kedaton. Lampung: Digital Repository Unila.

Noviana, P., Addina., Raharja, Supanji. 2018. Hubungan Usia dan Tingkat Pendidikan Ibu Hamil terhadap Kepatuhan Melaksanakan ANC di RSI Pekajangan. Surakarta: Electronic Theses and Dissertation Universitas Muhammadiyah.

Profil kesehatan Indonesia. 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Profil Kesehatan Sumatera Utara. 2016. Medan: Dinas Kesehatan Sumatera Utara.

Putri SA. 2015. Hubungan Faktor Internal dan Eksternal Bidan dengan Pelayanan Antenatal Care di Puskesmas Kota Padang. Padang: e-Skripsi Universitas Andalas.

Rachmawati, AI., Puspitasari, RD., Cania, E. 2017. Faktor-faktor yang Memengaruhi Kunjungan ANC Ibu Hamil. Lampung: Medical Journal Of Lampung University.

Safitri, F., Husna, A., Andika, F., Dhirah, UH. 2016. Kontribusi Faktor Predisposisi dan Faktor Enabling terhadap Kepatuhan Antenatal Care pada Ibu Hamil di Puskesmas Sukamakmur Sibreh. Banda Aceh: Journal of Healthcare Technology and Medicine Universitas Ubudiyah Indonesia.

Surniati, Nurhayani., Arifin, MA. Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Keteraturan Pemanfaatan ANC (K1-K4) Wilayah Kerja Puskesmas Mamasa. Makassar: Hasanuddin University Repository.

Walyani, ES. 2015. Asuhan Kebidanan pada Kehamilan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Wawan, A., M D. 2011. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.