PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI STATISTIK DI MAN 2 BIREUEN

Rahmat Rahmat, Novi Yanti

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi statistik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, yang dilaksanakan di MAN 2 Kabupaten Bireuen pada bulan Juli s.d Desember 2018. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MAN 2 Kabupaten Bireuen. Sedangkan sampel penelitian diambil dua kelas secara random sampling dari keseluruhan siswa kelas XI, yaitu kelas eksperimen (XI1) yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol (XI2) yang berjumlah 30 siswa. Adapun desain penelitian ini adalah desain pretest-posttest control grup desain. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian berupa soal tes materi statistik. Data hasil tes kemampuan siswa pada materi statistik dengan model pembelajaran jigsaw dan pembelajaran konvensional dianalisa dengan membandingkan skor pretest dan posttest. Sedangkan untuk mengetahui besar peningkatan siswa dapat dilihat dari N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa MAN 2 Bireuen yang memperoleh pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi statistik dan hasil belajarnya lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan konvensional.

Kata kunci: model pembelajaran, kooperatif, jigsaw, statistik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Arin. 2010. Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw dan Snowballing ditinjai dari Motivasi Belajar dan Kemampuan Memori Siswa. Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Prodi. Pendidikan Sains.

Kusuma, D.A. 2010. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SLTP dengan Menggunakan Metode Inkuiri. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: UPI.

Maulina. 2013. Pembentukan Karakter dan Komunikasi Matematika melalui Model Problem Posing Berbantuan Scaffolding Materi Segitiga Kelas VII. Skripsi. Semarang: Prodi. Pendidikan Matematika.

Meltzer, D.E. 2002. Addendum to: The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: a Possible”Hidden Variable” in Diagnostics Pretest Scores. Vol. 70. Page 1259-1268. http://www.physicseducation.net/docs/AJP-Dec-2002-Vol.70-1259-1268.pdf., diakses tanggal 28 April 2019.

NCTM. 2000. Principles and Standar for Scholl Matematics. USA: NCTM.

______. 1989. Curriculum and Evaluation Standars for Scholl Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Ngadiyono. 2009. Pembelajaran Matematika dengan Model Kooperatif tipe Jigsaw dan Direct Instruction Berbantuan Komputer ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Rohendi, Dedi. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komuunikatif.

Pdf”Http//:II.upi.edu/Directori/Jurnal/Pendidikantik Vol.3 Edisi: Juni 2010, Hal:19, diakses 10 Oktober 2012.

Runtyani. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Reciprocal Teaching dengan Model Pembelajaran Kooperatif di Kelas VIII-d SMP Negeri 4 Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Prodi. Pendidikan Matematika UNY.

Sugandi, Asep Ikin., Sumarmo, U. 2010. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Jigsaw terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis serta Kemandirian Belajar Siswa SMA. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Sugiyono, A. 2013. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wardani, S. 2002. Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Kooperatif tipe Jigsaw. Tesis tidak dipublikasikan. Bandung: UPI.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.