PENGEMBANGAN KOTA DALAM RANGKA PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH DENGAN PENDEKATAN PERANCANGAN KOTA (Studi Kasus: Kota Bireuen Kabupaten Bireuen)

Muhammad Yanis

Sari


Wilayah Bireuen berkembang menjadi kabupaten Bireuen sebagai hasil dari pemekaran Kabupaten Aceh Utara menjadi kabupaten baru, berdasarkan Undang-Undang Nomor 48 tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Bireuen dan Kabupaten Simeulue, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2000. Sementara Kota Bireuen diarahkan sebagai kawasan pusat kota. Tujuan penelitian ini adalah memberi masukan kepada pemerintah daerah sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan arah kebijakan dengan  pendekatan perancangan perkotaan untuk mewujudkan daerah otonom yang lebih bermartabat. Pendekatan ini diharapkan dapat mencari solusi terbaik untuk menentukan arah perkembangan fisik kota yang semakin hari  semakin berkembang yang terlihat dari pembangunan fasilitas umum seperti pelebaran jalan dan penambahan sarana dan prasarana, rehabilitasi pasar dan pengembangan kawasan wisata. Untuk itu kota harus mampu menyediakan segala kebutuhan yang diperlukan masyarakatnya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, berdasarkan  teori perancangan kota—Roger Trancik dan teori pembentuk citra kota—Lynch untuk mendukung teori “place” yang dikemukakan Trancik.

Kata Kunci: Otonomi, Teori Perancangan Kota,


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


______Kabupaten Bireuen Dalam Angka 2000 - 2010. Badan Pusat Statistik dengan Bappeda Kabupaten Bireuen

Markus, Zahnd., 2006, Perancangan Kota Secara Terpadu, Kanisius, Soegijapranata

University Press, Kanisius

Prof. Dr. Ir. Zoe’raini Djamal Irwan, M.Si., 2004, Tantangan Lingkungan & Lansekap Kota, PT Bumi Aksara, Jakarta

Jorge, E. Hardoy., 2005, Asal Usul Kebudayaan Pemukiman, Sage Publications, Baverly Hills

Feri, Ema, Kurniawati., 2007, Perkembangan Struktur Ruang Kota, Mandar Maju, Bandung

Lynch, Kevin, 1960, Image of The City, Cambrigde, Mass; The Massachusetts Institut of Technolog Press, USA 1979

Bambang, Heryanto., 2011, Roh dan Citra Kota, Peran Perancangan Kota Sebagai Kebijakan Publik, Brilian Internasional, Surabaya

Rapoport, Amos, 1983, Human Aspect of Urban Form, Perganon Press, Oxford.

Trancik, Roger, 1986, Finding lost Space, Theories of Urban Design, New Yor Nostrad Reinhold Company Inc., USA


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.