PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI HAK AZASI MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING

Muhammad Saleh Aksa

Sari


ABSTRAK

Strategi pembelajaran yang dapat mengarahkan siswa agar berani mengemukankan pendapat dan bertanya, mampu menyelesaikan masalah, belajar mandiri, kreatif, dan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Pembelajaran Mind Mapping adalah untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir intelektual dan keterampilan lainnya seperti mengajukan pertanyaan dan keterampilan menemukan jawaban yang  berawal dari keingin tahuan mereka. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: Bagaimanakah penerapan pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kutablang pada materi Hak Azasi Manusia?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran Mind Mapping yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Hak Azasi Manusia di kelas IX SMP Negeri 1 Kutablang. Penelitian ini menggunakan tindakan (Action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kutablang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi  kegiatan belajar mengajar. Pada hasil pelaksanaan siklus I siswa belum dapat memahami soal tentang materi Hak Azasi Manusia, karena berdasarkan hasil akhir ditemukan 17 siswa mendapat skor ≥ 65 dan 11 siswa mendapat skor < 65 sehingga persentase hasil tes adalah 60,71%. Sedangkan pada siklus II siswa dapat memahami soal tentang materi Hak Azasi Manusia, karena berdasarkan hasil akhir ditemukan 23 siswa mendapat skor ≥ 65 dan 5 siswa mendapat skor < 65 sehingga persentase hasil tes adalah 82,14%.

Kata Kunci: Hasil Belajar dan Mind Mapping


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Djamrah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Hamalik, Oemar. 1999. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Margono. 1997. Meteodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineksa Cipta.

Maidiyah, E. 2008. Pelatihan Profesi Guru, Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Banda Aceh: FKIP Unsyiah.

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Herlan Firmansyah, Dani Ramdani. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: CV. Djatnika.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.