IMPLEMENTASI SISTEM PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BIREUEN KABUPATEN BIREUEN PROVINSI ACEH

Rahmad Rahmad

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini berjudul ”Implementasi Sistem Pelayanan KTP Elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh”, dalam penelitian ini yang dijadikan rumusan masalah adalah Bagaimanakah sistem pelayanan KTP elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Biruen, faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat pada sistem pelayanan KTP Elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bireuen dan upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme sistem pelayanan KTP Elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bireuen. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasi dan mendeskripsikan system pelayanan KTP Elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bireuen, dan mengimplementasi dan mendeskripsikan terhadap faktor – faktor yang menjadi penghambat pada sistem pelayanan KTP Elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bireuen serta mengimplementasi dan mendeskripsikan upaya apa saja yang dilakukan dalam menciptakan pelayanan KTP Elektronik yang profesional di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bireuen. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan  pendekatan deskriptif dimana hasil penelitian digambar dengan kata-kata atau dengan kalimat yang menunjukkan hasil dari penelitian. Teknik sampel yang digunakan purposiv sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pelayanan KTP Elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bireuen belum berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan baik dalam ketepatan waktu penyelesaian program pelayan e-KTP, maupun kualitas produk yang dihasilkan berupa e-KTP berbasis nomor induk kependudukan nasional masih banyak yang salah baik dalam penulisan data identitas pribadi, pemasangan photo serta nomor induk kependudukan dan nomenklatur nama Provinsi. Hambatan yang di hadapi pada sistem pelayanan e-KTP adalah sarana atau fasilitas pedukung sistem komputer jaringan masih sangat terbatas dan belum berfungsi maksimal serta tingkat kompetensi SDM yang dimiliki masih rendah. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh pihak kecamatan dalam mengatasi hambatan tersebut belum dilaksanakan secara kontret dan efektif. Dari hasil penelitian tersebut penulis menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Bireuen melakukan perencanaan pelayanan yang baik, untuk meramalkan kekuatan dan kelemahan, peluang dan tantangan yang melahirkan sistem pelayanan publik yang berkualitas dengan menggunakan perangkat sistem komputer jaringan dalam pelayanan e-KTP yang di dukung oleh SDM yang handal sehingga sistem dapat bekerja secara efektif.

Kata Kunci: Implementasi Sistem Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Dunn, William N, 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik (Terjemahan), edisi kedua, Yogjakarta, Gajah Mada University Press.

Laster, James P and Yosep Stewart, 2000. Public Policy: An Evolutionary Approach, Australia, Wadsworth, Second Edition.

Lukman. 2008. Pengembangan Pelaksanaan Pelayanan Prima, LAN. Jakarta.

Moenir. H.A.S. 2001. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Cetakan kelima. Bumi Aksara. Jakarta.

Moenir. H.A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Cetakan kesepuluh. Bumi Aksara. Jakarta.

Moleong, LJ. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda karya. Bandung.

Musliadi Umar Ajie. 2008. Pengantar Studi Kependudukan. Yayasan Pena Banda Banda Aceh.

Ndraha,T. 2003. Kybernologi (Ilmu Pemerintahan Baru). Rineka Cipta. Jakarta.

Simon, Herbert A. 2005. Public Administration: Third Printing, New Brunswick and London: Transaction Publisher.

Sugiyono. 2001. Metodelogi Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.