PENGARUH KOMPENSASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA RUMAH SAKIT UMUM CUT MEUTIA KABUPATEN ACEH UTARA

Zakaria Yahya

Sari


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja pegawai negeri sipil pada Rumah Sakit Umum Cut Meutia Kabupaten Aceh Utara. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan studi kepustakaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Penulis menyebarkan kuesioner kepada 80 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja pada Rumah Sakit Umum Cut Meutia Kabupaten Aceh Utara. Nilai koefisien korelasi (R) diperoleh sebesar 0,796 dan nilai Adjusted R2 sebesar 0,624 atau 62,4% dan sisanya sebesar 37,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Dari hasil pengujian secara parsial, variabel kompensasi (X1) memiliki nilai thitung5,115 > ttabel 1,991. Dimana bahwa kompensasi berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas kerja. Disiplin kerja (X2) memiliki nilai thitung3,157 > ttabel1,991. Dimana bahwa disiplin kerja berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas kerja. Untuk pengujian secara simultan, diperoleh nilai Fhitung66,659 > Ftabel3,12 artinya bahwa secara simultan atau bersamaan variabel bebas yang terdiri dari kompensasi (X1) dan disiplin kerja (X2) berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja (Y), dengan tingkat signifikansi 0,000.

Kata Kunci: Kompensasi, Disiplin Kerja, Produktivitas Kerja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Fathoni, Abdurrahmat. (2009). Sumber Daya Manusia. Penerbit Rineka Cipta. Bandung.

Ferdinand, Augusty. (2007). Metode Penelitian Manajemen. Edisi 2. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. (2007). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Penerbit BP UNDIP. Semarang.

Handoko, T. Hani. (2008). Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Edisi Kedua. Penerbit BPFE. Yogyakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Marihot, Efendi Tua. (2012). Sumber Daya Manusia. Edisi Keempat. Penerbit Grasindo. Jakarta.

Moekijat. (2008). Manajemen Kepegawaian. Penerbit Alumni. Bandung.

Nawawi, Hadari. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ketujuh. Penerbit Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.


Refbacks

  • »
  • »
  • »