PENGARUH POLA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMK MEDAN AREA-1

Pebri Hastuti, Khairul Nisa

Sari


ABSTRAK

Masalah dalam penelitian adalah pola kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola kepemimipinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru di SMK Swasta Medan Area-1. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Swasta Medan Area-1 yang berjumlah 31 responden. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik total sampling dimana sampelnya berjumlah 31 orang. Untuk memperolah data pola kepemimpinan kepala sekolah, dan kinerja guru menggunakan angket. Uji validitas untuk menganalisis butir soal angket adalah Pearson Product Moment  dan uji Reliabilitas angket diperoleh dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan rumus analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis perhitungan regresi linier sederhana menggunakan program spss v.21 for windows diperoleh nilai koefisien regresi untuk pola kepemimpinan kepala sekolah (X1) sebesar 0,329, dengan nilai konstanta 59,583. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Swasta Medan Area-1.

Kata Kunci: kepemimpinan kepala sekolah, dan kinerja guru


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Adegbesan, Sunday O. 2013. Effect of principals’ Leadership Style on Teachers Attitude to Work in Ogun State Secondary Schools, Nigeria. Turkish Online Journal of Distance Educationa (TOJDE). Vol 14 No 1. January 2013.

Arikunto Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta : Rineka Cipta.

Bogler, Ronit. 2001. The influence of Leadership Style on Teacher job Satisfaction. Educational Administration Quarterly Journal Vol 37 No 5. Desember 2001.

Gorton, Richard, Alston, Judy A, Snowden, Petra E. 2007. School Leadership and Administration: Important Concepts, Case Studies and Stimulations. Seventh Edition. New York: McGraw Hill.

Irina Bokova. 2016. Global Education Monitoring Report 2016. Paris: Organisasi Pendidikan, Ilmu, dan Budaya Perserikatan Bangsa Bangsa.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003). Jakarta: Sinar Grafika.

Wau. 2016. Profesi Kependidikan. Medan: Unimed Press.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »