MELALUI STRATEGI CRITICAL INCIDENT DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATERI SENAM KETANGKASAN SEDERHANA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN PADA SD NEGERI 13 MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA

Rosmawati Rosmawati

Sari


Penyebab rendahnya prestasi belajar siswa Kelas III SD Negeri 13 Muara Batu yang berjumlah 25 orang, dalam proses belajar mengajar pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan sedikit terkendala. Siswa belum serius dalam mengikuti pelajaran. Akibatnya ulangan harian dari 25 siswa hanya 10 siswa atau 40% yang tuntas, sedangkan 15 siswa atau 60% lainnya belum tuntas karena memperoleh nilai di bawah KKM. Dan nilai KKM untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan yaitu 70.Pada karya ini rumusan masalah yang akan dibahas yaitu: Apakah Penggunaan Strategi Critical Incident dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Materi Senam Ketangkasan Sederhana Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Pada SD Negeri 13 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara?, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Materi Senam Ketangkasan Sederhana Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Penggunaan Strategi Critical Incident Pada SD Negeri 13 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di mulai dari bulan Septembers.d November 2020. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas III SD Negeri 13 Muara Batu. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penggunaan Strategi Critical Incident dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Materi Senam Ketangkasan Sederhana Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan pada SD Negeri 13 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.

Kata Kunci: Strategi Critical Incident, Hasil Belajar, Pelajaran Seni Budaya,dan Jenis Musik Ansambel.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asra, Sumiati. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung. Wacana Prima.

Aqib Zainal. 2010. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikia

Danim Sudarlan. 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Majid Abdul. 2008. Perencanaan Pembalajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Tafsir, 2000, Metodologi Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiriaatmadja Rochiati. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.