PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS IX.1 MATERI MEMBEDAKAN TEKS TANTANGAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SMP NEGERI 2 LANGKAHAN KABUPATEN ACEH UTARA

Isnawari Dataningsih

Sari


Dari hasil tes formatif diketahui bahwa hasil yang dicapai belum memenuhi ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan adalah 72. Pada kondisi awal, hasil tes ulangan harian siswa berada jauh dari harapan. Diketahui bahwa siswa Kelas IX.1 yang memiliki nilai kurang dari KKM 72, jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar minimum pada Materi Membedakan Teks Tantangan sebanyak 20 siswa (76,92%). Sedangkan yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 6 siswa (24,08%) dari 26 orang siswa di Kelas IX.1 SMP Negeri 2 Langkahan Kabupaten Aceh Utara. Pada karya ini rumusan masalah yang akan dibahas yaitu: Apakah Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dapat Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Kelas IX.1 Materi Membedakan Teks Tantangan Pelajaran Bahasa Indonesia pada SMP Negeri 2 Langkahan Kabupaten Aceh Utara? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas IX.1 Materi Membedakan Teks Tantangan Pelajaran Bahasa Indonesia Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada SMP Negeri 2 Langkahan Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di mulai dari bulan Januari s.d. Maret 2020. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IX.1 SMP Negeri 2 Langkahan. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas IX.1 Materi Membedakan Teks Tantangan Pelajaran Bahasa Indonesia pada SMP Negeri 2 Langkahan Kabupaten Aceh Utara memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), Kemampuan Belajar, Membedakan Teks Tantangan, dan Pelajaran Bahasa Indonesia.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Reneksa Cipta.

Herdian, 2006. KTSP dan Standar Isi Matematika. Jakarta.

Ridwan. 2005. Belajar Mengajar Kreatif, Bandung: Alfabeta.

Sri Harmianto, 2011, Model Pembelajaran Inovatif, Bandung, Alfabeta.

Triatna, 2008, Bagaimana Menjadi Guru Penulis, Bandung, CV.Citra Praya.

Wiratmadja, 2008, Metodologi Penelitian, Jakarta: Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.