PENGARUH PERENCANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Suatu Penelitian terhadap Mahasiswa PPLK Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Almuslim)

Rahmi Novalita

Sari


Penelitian ini berawal dari pra survei penulis terhadap guru pamong yang memberikan penilaian terhadap mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan dimana masih ada mahasiswa yang belum mampu merumuskan tujuan pembelajaran, memahami materi pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran, penggunaa media pembelajaran, membuka pelajaran, pengelolaan kelas, serta menutup pelajaran. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan pengetahuan mahasiswa dalam membuat perencanaan pembelajaran, disamping itu pelaksanaan pembelajaran di kelas tidak sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang dibuat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh perencanaan pembelajaran terhadap pelaksanaan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian mengenai pengaruh perencanaan pembelajaran terhadap pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang tinggi antara perencanaan pembelajaran terhadap pelaksanaan pembelajaran.
Kata Kunci: Perencanaan Pembelajaran dan Pelaksanaan Pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara Nasution, (1998). Metodologi Penelitian. Bandung.Tarsito Rahmat, Jalaluddin. 1985. Psikologi Komunikasi Bandung: Renaja Rodaskarya Samana, A. 2002. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Karnisius Slameto. 1995. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta Suasti, Yurni dkk 2006. Perencanaan Pembelajaran Geografi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial UNP Suryosubrito, B. 1997. Proses belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta Tika, Pabundu. (1997). Metode Penelitian Geografi, Jakarta: Gramedia FKIP Universitas Almuslim. 2013. Petunjuk Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan Mahasiswa.Matangglumpangdua: UPPL FKIP.Universitas Almusli, Wardani, IGK. 1994. Program Pengalaman Lapangan. Jakarta: Departeman Pendidikan dan kebudayaan.

Wijaya, Cee. 1991. Kemapuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mangajar. Bandung; Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.