STRATEGI PEMASARAN BERAS CAP SENDOK DI KECAMATAN KUTABLANG KABUPATEN BIREUEN

Aris Yunandar, Saiful Hurri

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan di Desa Lhok Nga Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuenyaitu pada usahakilang padi UD. Sederhana milik Bapak Saleh, yang dilaksanakan pada bulan Juli 2018.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran beras cap sendok di Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen. Metode analisis data yang digunakandalampenelitianiniadalahanalisis deskriptif kualitatif yaitu dengan menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis faktor internal dapat diidentifikasi bahwa kekuatan utamanya adalah produk berkualitas dan kelemahannya utamanya adalah kapasitas produksi masih terbatas. Sedangkan dari hasil analisis faktor eksternal, dapat diindentifikasikan peluang utamanya adalah permintaan konsumen meningkat dan ancamannya utamanya adalah naiknya harga bahan baku.Berdasarkan hasil analis SWOT alternatif strategi yang sesuai untuk memasarkanberas cap sendok di Desa Lhok Nga Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen adalah dengan menggunakan strategi kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy) yaitu dengan cara mempertahankan kualitas produk untuk terus mendapatkan kepercayaan konsumen dan menggunakan jasa toko penjual sembako untuk melakukan pemasaran secara meluas agar produk semakin dikenal masyarakat.

Kata kunci :Strategi Pemasaran, Beras Cap Sendok.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad. 2008. Analisis Pendapatan Usaha Tani Padi di Kelurahan Bontoa Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Skripsi Universitas Negeri Makassar.

BPS, 2017. Food and Agriculture Organization of the United Nations. Survei Sosial Ekonomi Nasional oleh Badan Pusat Statistik.

Cannon, Joseph P. William D. Perreault, Jr dan E. Jerome Mc Charty. 2008. Pemasaran Dasar-Pendekatan Manajerial Global. Edisi Keenam Belas. Salemba Empat: Jakarta.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jilid 1 dan 2. Edisi Kesembilan. PT.Prenhalindo: Jakarta.

Kurtz. 2008. Pengantar Bisnis (Jilid 1). Erlangga. Jakarta.

Kusnandar, F., 2010. Kimia Pangan Komponen Makro. Penerbit Dian Rakyat, Jakarta.

Laksono. 2012. Pembangunan Pertanian. Gramedia. Jakarta.

Lupiyoadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 2). Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Rangkuti, Ferddy. 2007. Creating effective Marketing Plan: Teknik Membuat Marketing Plan Berdasarkan Customer. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Saragih, B. 2008. Membangun Pertanian Perspektif Agribisnis.dalam Pertanian Mandiri. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sianipar dan Entang. 2008. Teknik- Teknik Analisis Manajemen. Bahan Ajar Diklat PIM Tingkat III.

Sugeng. H. R. 2010. Bercocok Tanam Padi. CV. Aneka Ilmu, Semarang.

Sugiyono. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif (Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian). Sebelas Maret University Press.

Suryani, S. 2014. Strategi Pemasaran Beras Merah Organik (Kasus : Desa Lubuk Bayas Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai). Jurnal Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara.

Swatha dan Handoko. 2008. Manaiemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.

Tjiptono, F. 2010. Strategi Pemasaran. PT. Agromedia. Jakarta.

Yudhistira, N. 2017. Penentuan Strategi Pemasaran Beras Herbal Forte CV An-Nahlah Jember. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. (Vol. 11, No. 2 Mei 2017 Hal. 248 – 258).

Yulianti, 2009. Analisis dan Usulan Strategi Pemasaran Produk Beras pada CV. Cempaka Jaya, Metro – Lampung. Jurusan Teknik Industri - Universitas Kristen Maranatha. (Jurnal Integra Vol. 4, No. 1, Juni 2014: 86-100)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.