ANALISIS KELAYAKAN USAHA PENYULINGAN MINYAK NILAM DI DESA ALUE SUNGAI PINANG KECAMATAN SUSOH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Studi Kasus Usaha Bapak Ferry)

Lufi Hidaytullah

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan di Desa Alue Sungai Pinang Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya yaitu pada usaha penyulingan minyak nilam Bapak Ferry, yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha penyulingan minyak nilam di Desa Alue Sungai Pinang Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis biaya, penerimaan, keuntungan dan analisis Break Even Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C) dan Benefit Cost Ratio (B/C). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa agroindustri penyulingan minyak nilam Bapak Ferry di Desa Alue Sungai Pinang Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya menguntungkan, dengan total keuntungan adalah sebesar  Rp. 172.110.000,-/tahun. Dari perhitungan nilai BEP, nilai R/C dan nilai B/C dapat disimpulkan bahwa agroindustri penyulingan minyak nilam Bapak Ferry di Desa Alue Sungai Pinang Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya layak untuk diusahakan.

Kata kunci : Analisis Kelayakan, Usaha Penyulingan Minyak Nilam.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anggriyani, R. 2016. Analisis Pendapatan dan Kelayakan Usaha Industri Minyak Nilam di Desa Lumbutarombo Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu. Jurnal Agrotekbis 4 (1): 91-96, Februari 2016

Daud. 2006. Nilam Budidaya dan Penyulingan. Jakarta: CV Yasaguna.

Dyckman, Thomas R. 2008. Akuntansi Intermediate, Edisi Ketiga, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Harahap, Sofyan, Syafri. 2007. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Krista. 2006. Dasar Akuntansi Biaya. Erlangga. Jakarta.

Lutony dan Rahmayati. 2012. Minyak Atsiri. Penebar Swadaya. Jakarta

Lysti. 2009. Analisis Kelayakan Usaha Penyulingan Minyak Nilam (Patchouli Oil) PT Perkasa Primatama Mandiri Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara. Skripsi. Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor

Manoi. 2007. Penyulingan Minyak Nilam. (Online) [http://balittro.litbang.deptan. go.id.]. Diakses tanggal 20 Februari 2018.

Misbach, M. 2009. Potensi Dan Analisa Kelayakan Usaha Pengolahan Minyak Nilam Sebagai Alternatif Peluang Berwirausaha di Kabupaten Pasuruan. Jurnal Fakultas Teknik Universitas Yudharta Pasuruan.

Mustika dan Nuryani. 2006. Strategi Pengendalian Nematode Parasit Pada Tanaman Nilam. Jurnal Litbang Pertanian XXV (1) : 7 - 15.

Rahim dan Hastuti. 2007. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Santoso. 2007. Bertanam Nilam Bahan Industri Wewangian. Kanisius. Yogyakarta.

Soekartawi. 2006. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sofyan, Assauri. 2007. Ilmu Ekonomi Teori Produksi. Universitas Indonesia, Jakarta.

Sudaryani dan Sugiharti, 2008. Cara Menanam Nilam. http://menarailmu. Blogspot. com. Di akses tanggal 27 Maret 2018.

Sukirno. 2009. Pengantar Teori Ekonomi Mikro. Penerbit: Raja Grafindo Persada Jakarta.

Umikalsum. R.A, 2013. AnalisiscPendapatan dan Kelayakan Ekonomi Usaha Tani Padi di Daerah Agropolitan Kel. Pulokerto Kec. Gandus Palembang. Jurnal Ilmiah AgrIBA. 3 (1) : 14-21.

Unteawati B., Noer I., dan Rofiq M. 2012. Analisis Finansial Usaha Minyak Nilam. Jurnal Ilmiah ESAI. 6 (3) : 46-54

Witjaksono. 2006. Teori Ekonomi Makro. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Zulkifli. 2010. Manajemen dan Analisis Ekonomi Produksi. Jakarta. PT Raja Grasindo Persada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.