ANALISIS KELAYAKAN USAHA KERIPIK PUYUR SINGKONG DI DESA BATEE KECAMATAN GRONG-GRONG KABUPATEN PIDIE (Studi Kasus Usaha Bapak Mustafa)

Azlina ., Elfiana .

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Batee Kecamatan Grong-Grong Kabupaten Pidie yaitu pada agroindustri keripik puyur Bapak Mustafa, yang dilaksanakan pada bulan Mei 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha keripik puyur singkong di Desa Batee Kecamatan Grong-Grong Kabupaten Pidie. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis biaya, penerimaan, keuntungan, Revenue Cost Ratio (R/C), Benefit Cost Ratio (B/C) dan Break Event Point (BEP). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa agroindustri keripik puyur di Desa Batee Kecamatan Grong-Grong Kabupaten Pidie menguntungkan, dengan total keuntungan adalah sebesar Rp. 3.074.944,-/bulan. Dari perhitungan nilai BEP, nilai R/C dan nilai B/C dapat disimpulkan bahwa agroindustri keripik puyur di Desa Batee Kecamatan Grong-Grong Kabupaten Pidie layak untuk diusahakan.

Kata kunci : Analisis Kelayakan, Usaha Keripik Puyur Singkong

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ibrahim, Yacob, H. M. 2009. Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Revisi, Penerbit PT. Rineka. Cipta, Jakarta

Kasmir dan Jakfar. 2007. Studi Kelayakan Bisnis, Edisi 2. Kencana: Jakarta.

Kusrina, R. 2011. Analisis Kelayakan Usaha Pengolahan Kerupuk Perusahaan Kerupuk Cap Dua Gajah Indramayu, Jawa Barat. Skripsi. Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Mariam A. Basra Pasau. 2015. Analisis Pendapatan Dan Kelayakan Usaha Keripik Ubikayu Pada Industri Pundi Masdi Kota Palu. Jurnal Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu (e-J. Agrotekbis 3 (3) : 402 - 408, Juni 2015 ISSN : 2338-3011).

Nitisemito, Alex, 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia, Gema pustaka, Jakarta.

Rahim dan Hastuti. 2007. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Santi, Y. Mailya. Analisis Usaha Agroindustri Keripik Belut Sawah (Monopterus Albus Zuieuw) di Kabupaten Klaten. Skripsi Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian/Agrobisnis Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Soeharjo dan Patong, 2006. Sendi-Sendi Pokok Usaha Tani. Departemen Ilmu Sosial Ekonomi. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Soekartawi. 2006. Teori Ekonomi Produksi. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Subagyo, P. 2007. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Rineka. Cipta. Jakarta

Sugiarto, 2010. Ekonomi Mikro Suatu Pendekatan Praktis. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

Sukirno. 2009. Pengantar Teori Ekonomi Mikro. Penerbit: Raja Grafindo Persada Jakarta.

Surya. 2009. Ekonomi Agribisnis Pertanian. Akademika Pressindo. Jakarta.

Wahyono, R. dan Marzuki. 2006. Pembuatan Aneka Keripik. Jakarta: Penebar Swadaya.

Zulkifli. 2010. Manajemen dan Analisis Ekonomi Produksi. Jakarta. PT Raja Grasindo Persada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.