ANALISIS PENDAPATAN USAHA KUE PUTU BAMBU DI DESA GEUDONG – GEUDONG KECAMATAN KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN

Aryadi .

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilaksanakan pada Home Industri di Geulanggang teungoh  Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh. Penelitian ini dilaksanakan Pada bulan September dan Oktober 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kelayakan Usaha Pembuatan Kue Putu Bambu pada Home Industri Karjul di Desa Geulanggang Teungoh  Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Rumus analisis biaya dan keuntungan. Sementara untuk menghitung Pendapatan Usaha, rumus yang digunakan adalah Revenue Cost Ratio (R/C). Berdasarkan hasil penelitian pada Usaha Kue Putu Bambu di Desa Geudong-Geudong Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen, penulis menarik beberapa kesimpulan yaitu rata-rata pendapatan pada Usaha Kue Putu Bambu di Desa Geudong-Geudong Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen adalah Rp.27.000.000/bulan dengan biaya produksi yang dikeluarkan sebesar Rp. 19.963.508/bulan. Biaya produksi tersebut terdiri dari biaya tetap sebesar Rp. 148.508/bulan dan biaya tidak tetap sebesar Rp. 19.815.000. Dari hasil analisa  data, didapatkan bahwa pendapatan bersih yang diperoleh pada Usaha Kue Putu Bambu sebesar Rp. 7.036.492/bulan. Berdasarkan perhitungan pendapatan usaha (R/C), yaitu perbandingan total pendapatan dengan total biaya produksi yang lebih besar dari satu, yaitu memiliki angka perbandingan 1,35 atau 1,35> 1, maka dapat disimpulkan bahwa Usaha Kue Putu Bambu di Desa Geudong-Geudong Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen. Ini dapat dikatakan menguntungkan dan layak diusahakan.

Kata Kunci : Analisis Usaha, Keuntungan,  Kelayakan Usaha dan Putu Bambu.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Armanto Witjaksono, 2006, “Akuntansi Biaya”, Graha Ilmu : Yogyakarta

Anonim, 2013. Perhitungan Harga Pokok Produksi Untuk Menentukan Harga Jual.Universitas Indonesia, Jakarta.

Bustami, Bastian dan Nurlela. 2009. Akuntansi Biaya. Edisi Pertama. Penerbit : Mitra Wacana Media,Jakarta.

Carter, William K dan Milton F. Usry, 2006. Akuntansi Biaya, diterjemahkan oleh. Krista, Edisi Ketiga Belas, Buku 1, Penerbit; Salemba Empat, Jakarta.

Darsono. 2008. Penganggaran Perusahaan. Penerbit Mitra Wancana Media, Jakarta.

Djarwanto.P.S 2002. Statistik Induktif. Edisi keempat. Cetakan Keempat. BPFE.Yogyakarta.

Firdaus, Muhammad. 2008. Manajemen Agribisnis. Penerbit Bumi Aksara,Jakarta.

Halim dan Hanafi. 2010. Analisa Belanja: Dasar-dasar Perhitungan dalam Keputusan Keuangan. Cetakan Kedua. Penerbit Bina Aksara. Jakarta.

Harahap, S.S. (1999). Akuntansi Aktiva Tetap: Akuntansi, Pajak, Revaluasi, Leasing. Edisi 1. Penerbit PT. RajaGrafindo : Jakarta.

Keraf Gorys. (1999). Ekposisi: Komposisi Lanjutan 11. Penerbit PT. Grasindo,.Jakarta.

LibertyKaparang (2007) dengan judul AnalisisKeuntungan IndustriKecilRoti Allen Di KelurahanTinoorSatu Kecamatan Tomohon Utara liberty, Jakarta.

Niswonger, C. Rollin; Philip E. Fess, [and] Carl S. Warren,1992. Prinsip-prinsip akuntansi, Terjemahan Marianus Sinaga, Edisi 14, Jilid 1.Erlangga : Jakarta.

Mulyadi. 2006. Akuntansi Biaya, Penerbit STIE YKPN : Jakarta.

Mulyadi, 2009. Akuntansi Biaya, Edisi ke-5 cetakan kesembilan, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Novel Novri Sumampouw O. Esry Laoh, 2015. Analisis keuntungan dari usaha rumah tangga Kue Lumpia di Kelurahan Bumi Nyiur kecamatan Wanea.lyndon Rj, Surabaya.

Nugraheni Retnaningsih. 2013). Analisis biaya pendapatan, dan titik impas (BEP), “Ganep Bakery” di Surakarta, dengan pertimbangan bahwa “Ganep Bakery” oleh Pemda dijadikan percontohan usaharoti di kota Surakarta.

Pasaribu, Rowland B. F. 2011. Dampak Globalisasi Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara, Penerbit Bedug Fpips Universitas semarang,Jakarta.

S. Munawir. 2004. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Ke 4, Liberty. Ikatan Akuntansi Indonesia, Yogyakarta.

Sadono, Sukirno, 2006, Ekonomi Pembangunan Proses masalah dan Dasar Kebijakan, cetakan ketiga, Penerbit Kencana, Jakarta.

Soekartawi. 2006. Analisis Usaha Tani. Penerbit UI Press. Jakarta.

Soekartawi. (2003). Teori Ekonomi Produksi.s Penerbit Raja Grafindo Perseda, Jakarta

Soekartawi.2001. Pengantar Agroindustri. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Susilowati, D. 1999. Analisa Dampak Perubahan Penggunaan Lahan Terhadap Tingkat Pencemaran Di Wilayah Kali Surabaya Dengan Menggunakan Metode Penginderaan Jauh Dan SIG. Pasca Sarjana Teknik Sipil, InstitutTeknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Susilowati.2002. Anatoni Ekstremitas Bawah; Jurusan Fisioterapi Politeknik Kesehatan, Surakarta.

Sukirno.(2006). Ekonomi Pembangunan (Proses Masalah dan Dasar Kebijaksanaan).Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sudarsono. (2004). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah Deskripsi dan Ilustrasi, Ekonisia, Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.