PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IIS.3 SMA NEGERI 1 BUBON MATERI DASAR NEGARA DAN KONSTITUSI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Syafi’i Syafi’i Syafi’i

Sari


ABSTRAK

Masalah hasil belajar siswa di sekolah masih banyak yang mengalami masalah, terutama hasil belajarnya masih rendah. Hal disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya masih ada guru yang belum mampu menggunakan metode yang benar. Peneltian ini dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan Januari sampai dengan Maret 2020 di SMA Negeri 1 Bubon yang bertujuan untuk mengetahui dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XII IIS pada materi Dasar Negara dan Konstitusi pelajaran PPKn dengan pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), dengan menggunakan model  Jigsaw pada SMA Negeri 1 Bubon. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XII IIS Negeri 1 Bubon yang jumlah siswanya 30 orang siswa sebagai subjek penelitian, untuk memperoleh data penulis menggunakan  teknik pengumpulan data  tes dan non tes. Setelah data terkumpul dengan baik diolah dan dianalis dengan cara membandingkan antara siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa Kelas XII IIS Negeri 1 Bubon pada materi Dasar Negara dan Konstitusi dengan menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS). Hal ini terbukti pada siklus I dari 30 orang siswa hanya 19 (63,33%) yang yang tuntas secara klasikal, sedangkan setelah siklus II meningkat menjadi 28 orang siswa atau (93,33%)  yang tuntas secara klasikal.

 

Kata Kunci: Kooperatif, Two Stay Two Stray (TSTS), hasil belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Johar, R., Nurfadhilah, dan L. Hanum. 2006. StrateTwo Stay Two Stray (TSTS) Belajar Mengajar. Banda Aceh : FKIP Universitas Syiah Kuala.

Lie, A. 2003. Cooperative Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning

di Ruang-ruang Kelas). Jakarta : Grasindo

Oemar Hamalik.1993. Metode Mengajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Roestiyah, N.K. 2001. StrateTwo Stay Two Stray (TSTS) Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. 2007. StrateTwo Stay Two Stray (TSTS) Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suryanto A, Haryanta A. 2006. PPKn Two Stay Two Stray (TSTS)Kelas X : Jakarta. Erlangga

Widodo. (2009). StrateTwo Stay Two Stray (TSTS) Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.