PENGGUNAAN TEPUNG AMPAS TAHU SEBAGAI BAHAN PENGIKAT TERHADAP MUTU NUGGET DAGING AYAM BROILER

Misra Hanum

Sari


ABSTRAK

Nugget adalah suatu produk olahan yang dibuat dari daging yang digiling, dibumbui, dicampur bahan pengikat kemudian dicetak menjadi bentuk tertentu, dilumuri dengan tepung panir kemudian digoreng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu organoleptik nugget daging ayam broiler dengan menggunakan tepung ampas tahu sebagai bahan pengikat. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial, 2 faktor, 3 taraf dan 4 ulangan yaitu faktor A1: 25%, A2 : 30% dan A3 : 35%, faktor B1 : 5 hari, B2 : 10 hari dan B3 : 15 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tepung ampas tahu sebagai bahan pengikat memberi pengaruh yang tidak nyata terhadap mutu organoleptik nugget daging ayam broiler yaitu kadar air, pH, warna, aroma, rasa dan tekstur.

Kata kunci : Daging Ayam Broiler, Tepung Ampas Tahu, Mutu Organoleptik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abu Bakar., Suryati, T., dan Aziz, A. 2011. Pengaruh penambahan karagenan terhadap sifat fisik, kimia dan palatabilitas nugget daging itik lokal (Anas platyrynchos). Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor.

Afrisanti, D.W. 2010. Kualitas kimia dan organoleptik nugget daging kelinci dengan penambahan tepung tempe. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Evanuarini, H. 2010. Kualitas chicken nuggets dengan penambahan putih telur. Jurnal Ilmu dan Teknologi Hasil Ternak Vol. 5, No. 2.

Lopulalan, C.G.C., Mailoa, M., dan Sangadji, D.R. 2013. formulasi penambahan tepung ampas tahu terhadap sifat organoleptik dan kimia cookies. Jurnal Agriteknologi Vol. 2. No.1.

Montolalu, s., Lontaan, N., Sakul, S., dan Mirah, A.Dp. 2013. Sifat fisiko-kimia dan mutu organoleptik bakso broiler dengan menggunakan tepung ubi jalar (Ipomoea batatas L). Jurnal Zootek. Vol. 32. No. 5.

Nastiti, M.A., Hendrawan, Y., dan Yuliningsih, R. 2014. Pengaruh konsentrasi natrium metabisulfit (Na2S2O5) dan suhu pengeringan terhadap karakteristik tepung ampas tahu. Jurnal Bioproses Komoditas Tropis Vol. 2 No. 2.

Subekti. E. 2010. Meat quality of raw materials nuggets laying chicken reject. Jurnal Mediagro Vol. 6, No. 2.

Steel, R. G. D. Dan J. H. Torrie. 1995. Prinsip dan Prosedur Statistika: Suatu Pendekatan Biometrik. Terjemahan: B. Sumantri. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Wati, R. 2013. Pengaruh penggunaan tepung ampas tahu sebagai bahan komposit terhadap kualitas kue kering lidah kucing. Skripsi. Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Yuliani, I. 2013. Studi eksperimen nugget ampas tahu dengan campuran jenis pangan sumber protein dan jenis filler yang berbeda. Skripsi. Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi Fakultas Tehnik Universitas Negeri Semarang.

Yulizar. 2014. Pengasapan telur itik asin terhadap daya simpan pada suhu ruang. Skripsi. Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Almuslim Matangglumpangdua Bireuen.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.