KOMBINASI TEPUNG KULIT PISANG DAN KULIT UBI DALAM RANSUM TERHADAP LEMAK ABDOMEN DAN PERSENTASE KARKAS AYAM BROILER

Khairatun Nisak

Sari


ABSTRAK

Kulit pisang dan kulit ubi merupakan bahan pakan yang digunakan dalam ransum ayam broiler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kombinasi Tepung Kulit Pisang (TKP) dan Tepung Kulit Ubi (TKU) dalam ransum ayam broiler terhadap lemak abdomen dan persentase karkas. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan yaitu P0: 0% kombinasi TKP dan TKU, P1: 7% kombinasi TKP dan TKU, P2: 10% Kombinasi TKP dan TKU 10%, P3: 13% kombinasi TKP dan TKU. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kombinasi TKP dan TKU tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap lemak abdomen dan persentase karkas. Rataan lemak abdomen tertinggi pada taraf 7% (2,42 gr) dan rataan persentase karkas tertinggi pada taraf 0% (60,46 %)

Kata kunci : Broiler, Kulit Pisang, Kulit Ubi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anggorodi, R. 1985. Kemajuan Muttakir Dalam Ilmu Makanan Ternak Unggas. Universitas Indonesia Press. Jakarta

Koni. 2009. Pemanfaatan Tepung Kulit Pisang Hasil Fermentasi Dengan Jamur Tempe (Rhyzhopus oligosporus) Dalam Ransum Terhadap Pertumbuhan Broiler. Tesis, Universitas Nusa Cendana. Kupang.

Murtidjo, B.A. 2003. Pedoman Beternak Ayam Broiler. Kanisius. Yogyakarta. Hal 51-59

Prabawati, S, 2011. Inovasi Pengolahan Singkong Meningkatkan Pendapatan Dan Diversifikasi Pangan. Balai Besar Penelitian Dan Pengembangan Pasca Panen. Bogor.

Pratikno, H. 2011. Lemak Abdominal Ayam Broiler (Gallus Sp) Karena Pengaruh Ekstrak Kunyit (Curcuma domestica). Jurnal bioma. Vol. 13, No. 1. 17-24.

Poendjiadi, A. 2005. Dasar - Dasar Biokimia, Jakarta (Indonesia): UI Pres

Sarikhan. M. Shahryar, HA, Gholizadeh, B. Hosseinzadeh, MH. Bahesti B, Mahmoodnejab A. 2010. Effect Of Insoluble Fiber On Growth Performance, Carcas traits and Ileum Morphological Parameters On Broiler Chick Males. Int J Agric Biol. 12:531-536

Soeparno. 1998. Ilmu dan Teknologi Daging. Yogyakarta (Indonesia). Gadjah Mada University Press.

Shahin KA, Elazeem FA.2005. Effect Of Breed, Sex And Diet And Theirinteraction On Carcas And Tissue Weight Distribution Of Broiler.Archtierz Dummerstorf. 48:612-626

Steel, R. G. D dan H. Torrie. 1995. Prinsip dan Prosedur Statistika Suatu Pendekatan Biometrik. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sunarsih. (2006). Persentase Karkas, Lemak Abdominal Dan Income Over Feed And Chick Cost Ratio Broiler Dengan Pemberian Probiotik(Lactobacillus Sp) Pada Level Yang Berbeda. Skripsi Fakultas Peternakan, Universitas Hasanuddin, Makasar

Yasmin, M. 2002. Pengaruh Tingkat Protein Pakan Terhadap Konsumsi Pertambahan Bobot Badan dan IOFC Ayam Buras Umur 0-8 Minggu. Jurnal Agroland Vol. 9 No.3. 229-235.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.