KOMBINASI TEPUNG KULIT PISANG DAN TEPUNG KULIT UBI DALAM RANSUM AYAM BROILER TERHADAP KADAR KOLESTROL DARAH DAN KONSUMSI PROTEIN

M Iqbal dan Zulfikar

Sari


ABSTRAK

Tepung dari kulit pisang dan kulit ubi merupakan hasil limbah pengolahan keripik yang mempunyai kandungan nutrisi tinggi, dapat dimanfaatkan sebagai salah satu ransum unggas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan tepung kulit pisang dan kulit ubi dalam ransum terhadap kadar kolestrol darah  dan konsumsi protein ayam broiler. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan yaitu: Po = control tanpa pemberian prebiotik, P1 = kombinasi tepung kulit pisang dan kulit ubi 7 %, P2 = kombinasi tepung kulit pisang dan kulit ubi 10 %, P3 = kombinasi tepung kulit pisang dan kulit ubi 13 %. Parameter yang yang diamati dalam penelitian ini adalah kolesterol darah dan konsumsi protein  ayam broiler. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan kombinasi tepung kulit pisang dan kulit ubi dalam ransum tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap kolesterol darah dan konsumsi protein  ayam broiler yaitu 187,25 mg/dl dan14,62gr/ekor/hari.

Kata kunci: Broiler, kolestrol darah, konsumsi protein, kulit pisang, kulit ubi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aisjah, T., R.Wiradimadja dan Abun., 2007. Suplementasi Metionin Dalam Ransum Berbasis LokalTerhadap Imbangan Efisiensi Protein Pada Ayam Pedaging. Artikel ilmiah jurusan ilmu nutrisi dan makanan ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Padjajaran, Jatinangor, Bandung

Devlin, M. Thomas. 2003. Texbook of Biochemistry With Chemical Corre Latios. Third edition. Willey-Liss. United States of America Hal: 438

Hernawati. 2007. Peranan Berbagai Sumber Serat Dalam Dinamika Kolesterol Pada Individu Hiperkolesterolemia dan Normokolesterolemia. Skripsi.Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Ketaren, P. P. 2010. Kebutuhan Gizi Ternak Unggas Di Indonesia. Wartazoa. Vol 20 No. 4.

Suciani., Parimartha, K.W., Sumardani, N.L.G., Bidura, I.G.N.G., Kayana, I.G.N., Lindawati, S.A., 2011. Penambahan Multi Enzim dan Ragi Tape Dalam Ransum Berserat Tinggi (Pod-Kakao) Untuk Menurunkan Kolesterol Daging Ayam Broiler. Jurnal Veteriner. 12 (1): 69-76.

Steel, R. G. D. Dan J. H. Torrie. 1995. Prinsip dan Prosedur Statistika: Suatu Pendekatan Biometrik. Terjemahan: B. Sumantri. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sutrihadi, E., Suhermiyati, S., dan Iriyanti, N. 2013. Penambahan Tepung Kunyit (Curcuma domestica Val) dan Sambiloto (Andrographis paniculata Nees) Dalam Pakan Terhadap Kolesterol Darah dan Kolesterol Daging Boiler. Jurnal Ilmiah Peternakan 1(1):314-322.

Tampubolon., Bintang, P.P., 2012. Pengaruh Imbangan Energi dan Protein Ransum terhadap Energi Metabolis dan Retensi Nitrogen Ayam Broiler. Jurnal Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran, Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.