SUBTITUSI MENIR DAN BUNGKIL KELAPA DALAM RANSUM KOMERSIL SERTA PENAMBAHAN PROBIOTIKTERHADAP PROFIL ORGAN DALAM AYAM BROILER

Said Mirza Pratama, Muhammad Resthu, Cut Aida Fitri, Zulfan Zulfan

Sari


Penelitian ini bertujuan adalah untuk melihat efek dari penggunaan menir dan bungkil kelapa sebagai substitusi sebagian ransum komersil serta penambahan probiotik di dalam air minum terhadap berat,dan persentase beberapa organ dalam ayam broiler. Penelitian ini telah dilakukan di Kebun Percobaan Jurusan Peternakan,  Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala,dan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Daging, Jurusan Peternakan, Universitas Syiah Kuala untuk pengukuran organ dalam. Sebanyak 100 ekor ayam broiler strainCP 707, produksi PT. Charoen Pokphand Jaya Farm, Medan digunakan dalam penelitian ini.Rancangan  yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan subsampel (RAL), terdiri 5 perlakuan, 4 ulangan, dan 2 subsampel. Setiap ulangan merupakan unit percobaan, masing-masing terdiri dari 5 ekor ayam. Perlakuan yang dicobakan,  selama periode starter adalah ransum komersil 511 Novo disusbtitusi dengan menir+bungkil kelapa sebanyak 0% (P1s), 1,5+1% (P2s), 3+2% (P3s), 4,5+3% (P4s) dan 6+4% (P5s). Selama periode grower/finisher, ransum komersil 512 Novo disubstitusi dengan menir+bungkil kelapa sebanyak 0% (P1gf), 3+2% (P2gf), 6+4% (P3gf), 9+6% (P4gf), dan 12+8% (P5gf). Masing-masing perlakuan P2-P5 ditambah probiotik sebanyak 0.5-1.0 ml/l air.Parameter yang diukur adalah berat serta persentase organ dalam (hati, jantung, rempela, usus, pankreas, dan limpa).Data dianalisis dengan Analysis of Variance (ANOVA), jika didapat perbedaan nyata dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa substitusi menir dan bungkil kelapa hingga taraf 20% dan penambahan probiotik dalam air minum tidak berpengaruh nyata  terhadap semua berat dan persentase organ dalam ayam broiler.Dapat disimpulkan bahwa subtitusi menir dan bungkil kelapa dalam pakan komersil serta penambahan probiotik dalam air minum tidak memberikan pengaruh buruk pada organ dalam ayam broiler.

Kata Kunci: menir, bungkil kelapa, organ dalam, broiler


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aqsa, A. D, K. Kiramang, dan M. N. Hidayat.2016. Profil Organ Dalam Ayam Pedaging (Broiler) Yang Diberi Tepung Daun Sirih (Piper Betle Linn) Sebagai Imbuhan Pakan.Jurnal Ilmu dan Industri Perternakan 3 (1) : 148-159.

Astuti F. K, Busono W, Sjofjan O. 2015. Pengaruh penambahan probiotik cair dalam pakan terhadap penampilan produksi pada ayam pedaging.JPAL.6(2): 99-104.

Bestari, J., A. Parakkasi, and S. Akil. 2005. Pengaruh pemberian tapung daun mengkudu (Morinda citrifolia Linn) yang direndam air panas terhadap penampilan ayam broiler. Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner 2005. Puslitbang Peternakan, Bogor: 703-715.

Daud, M., Zulfan, W. Yanti dan Mulyadi. 2015. Performan Ayam Broiler Yang Diberi Ransum KomersilDengan Substitusi Menir Dan Bungkil KelapaSerta Suplementasi Probiotik. Jurnal Ilmiah Peternakan 3 (2) : 48-56.

Erwan, E. dan Resmi. 2003. Pengaruh penggantian tepung ikan dengan tepung limbah udang olahan dalam ransum terhadap bobot organ pencernaan ayam lurik. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan. 8(2) : 145-153.

Isroli, Sugiharto, Murwani R, Wahyuni HI, Widiastuti E, Yudiarti T, Sartono TA. 2019. Bobot Relatif Organ Pencernaan Ayam Broiler yang Diberi Tambahan Asam Butirat dan Asam Format dalam Ransum. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner 2019.

Jumiati.S, Nuraini dan Aka.R.2017. Bobot Potong, Karkas, Giblet dan LemakAbdominal Ayam Broiler Yang Diberi Temulawak (Curcumaxanthorrhiza) Dalam Pakan. JITRO.4 (3).

Loth, M. R. 2011. Penambahan tepung kunyit (Curcuma domestika val) dalam Ransum Komersial Terhadap Berat Organ Internal Ayam Pedaging. Skripsi Produksi Ternak, Fakultas Peternakan, Sam Ratulangi.

Lumbantoruan, K. 2016. Pengaruh Pemberian Bakteri Asam Laktat Dalam Air Minum Terhadap Bobot Karkas, Lemak Abdomen Dan Irisan Komersial Ayam Pedaging. Universitas Jambi. Jambi.

Mangais.G,Najoan,Bagau.M, C.A.2016. Persentase Karkas Dan Lemak AbdomenBroiler Yang Menggunakan Daun Murbei (Morus alba) Segar SebagaiPengganti Sebagian Ransum.Jurnal Zootek (“Zootek” Journal ) 36 (1) : 77-85.

Pathak M, Mandal GP, Patra AK, Samanta I, Pradhan S, Haldar S. 2016. Effects of dietary supplementation of cinnamaldehyde and formic acid on growth performance, intestinal microbiota and immune response in broiler chickens. Anim Prod Sci. 57:821-827.

Petricevic V, Lukic M, Pavlovski Z, Skrbic Z, Jokic Z, Vitorovic D, Petricevic M. 2014. The effect of raw soybeans in mixtures for laying hens on production performance and the relatif weight of the pankreas Biotechnol Anim Husbandry. 30:115-123.

Steel, R. G. D. and J. H. Torrie. 1993. Prinsip dan Prosedur Statistika. Terjemahan oleh B. Sumantri.Cet. Ke-2. PT. Gramedia, Jakarta.

Sumarni. 2015. Pengaruh Kuantitas Ransum Terhadap Persentase Karkas, Gibletdan Lemak Abdominal Ayam Broiler. Skripsi.Fakultas Peternakan.Universitas Halu Oleo.Kendari.

Wenno, D. 2018. Persentase Bobot Organ Dalam Ayam Broileryang Diberi Tepung Biji Pepaya Dalam Ransum Dengan Level Berbeda.Jurnal Fapertanak 3(1) : 1-8.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.