EFISIENSI PENGGUNAAN PAKAN FERMENTASI ASAL HIJAUAN DAN PROBIOTIK UNTUK MENEKAN BIAYA PRODUKSI DAN MENINGKATKAN PRODUKSI ITIK PEDAGING KOMERSIAL FASE AWAL PERTUMBUHAN

M. Aman Yaman, Muhammad Daud, Zulfan Zulfan

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian terkait dengan upaya menekan biaya pakan dan meningkatkan kemampuan produksi itik pedaging komersial dengan memanfaatkan hijauan dan probiotik serta menggunakan teknologi fermentasi telah dilakukan selama 6 minggu. Penelitian ini menggunakan DOD itik peking sebanyak 60 ekor sebagai materi dan penelitian di desain dengan rancangan acak lengkap dengan 4 perlakuan pakan fermentasi yang disubstitusikan pada pakan komersial. Perlakuan pakan yaitu; kontrol=KO (0% pakan fermentasi), K1 (10% pakan fermentasi), K2 (20% pakan fermentasi) dan K3 (30% pakan fermentasi). Parameter yang diamati meliputi: konsumsi, nilai efisiensi pakan dan capaian kenaikan berat badan selama fase awal pertumbuhan (6 minggu). Hasil penelitian menunjukkan efektifitas pengaruh substitusi pakan fermentasi yang mengandung probiotik terhadap konsumsi, efisien dan capaian pertumbuhan itik peking pada fase awal pertumbuhan terdapat pengaruh yang signifikan (P<0.05). Substitusi pakan fermentasi asal hijauan yang mengandung probiotik sampai batasan 30% di dalam campuran pakan komersial mampu meningkatkan konsumsi 12% lebih tinggi dari perlakuan kontrol. Perlakuan subtitusi pakan fermentasi juga meningkatkan efisiensi pakan dan capaian berat badan lebih tinggi dari perlakuan kontrol. Capaian berat badan akhir itik  peking  selama  6  minggu  pemeliharaan  pada  perlakuan  20%  pakan  fermentasi  mencapai  1,650  kg/ekor sedangkan perlakuan kontrol hanya mencapai 1,310 kg/ekor. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pakan asal  hijauan akan  menjadi lebih efektif dengan perlakuan fermentasi dan penambahan probiotik untuk memperbaiki kecernaan pakan dan sekaligus memacu pertumbuhan itik pedaging pada fase awal pertumbuhan.

 

Kata kunci : itik pedaging, pakan fermentasi, probiotik, pertumbuhan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Chah, C. C., Carlson, C. W., Semeniuk, G., Palmer.,

L.S and Hesseltine, C. W. 1974. Growth- promoting effects of fermented soybeans for broilers. Poultry Science, Vo. 54, Issue 2, pp 600-

Hildayani dan M. Yaman. 2014. Pengaruh Suplementasi fermentasi hijauan kangkung dan probiotik terhadap pertumbuhan Itik Peking. Laporan Tugas Akhir Peternakan. Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Yaman, M.A., Dasrul and Zulfan. 2009.

Improvement of Selection Method and Nutrition Approach to produce Meat Local Chicken. Competence Grant Reports, second year - Higher Education , Jakarta.

Yaman, M.A. 2010. Ayam Kampung Unggul . PT.

Penebar Swadaya. Jakarta.

Nuraini, Sabrina dan S.A. Latif, S. A. 2008.

Performance and egg quality feeding cassava fermented by Neurospora crassa. Jurnal Media Peternakan, 31:195-202.

Nuraini, S.A. Latif and Sabrina. 2009. Improving the quality of tapioka by product through fermentation by Neurospora crassa to produce carotene rich feed. Pak. J. Nutr., 8: 487-490.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.