KOMBINASI TEPUNG KULIT PISANG DAN KULIT UBI DALAM RANSUM TERHADAP BERAT ORGAN FISIOLOGIS AYAM BROILER

Muhammad Yahdi Wicaksono

Sari


ABSTRAK

Kulit pisang dan kulit ubi merupakan bahan pakan yang alternatif yang dapat digunakan sebagai bahan pakan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kombinasi tepung kulit pisang dan kulit ubi dalam ransum terhadap berat organ fisiologis (hati, jantung, limfa dan ginjal) ayam broiler. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan yaitu P0: kontrol tanpa pemberian kombinasi TKP dan TKU,P1:kombinasi TKP dan TKU 7%, P2: kombinasi TKP dan TKU 10%, P3: kombinasi TKP dan TKU 13%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kombinasi TKP dan TKU dalam ransum terhadap berat organ fisiologis ayam broiler memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata (P>0,05) dengan perlakuan terbaik P1 dengan kombinasi TKP dan TKU 10%.

 

Kata Kunci : Broiler, kulit pisang, kulit ubi, organ fisiologis


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Akoso, B. T. 2000. Kesehatan Unggas. Penerbit Kanisius: Yogyakarta.

Analisa Laboratorium. 2016. Hasil Analisa Laboratorium Teknologi Industri Pakan. Universitas Andalas. Padang.

Bantacut, T. 2009. “Ketahanan Pangan Berbasis Cassava”.Artikel Teknologi Pangan Vol. 19 No. 1 Maret 2010.

Dewi, H. R. K.2007. Evaluasi beberapa ransum komersial terhadap persentase bobot karkas, lemak abdomen, dan organ dalam ayam broiler.Skripsi. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Devendra, C. 2007. Cassava As A Feed Source For Ruminant. In: Cassava As Animal Feed.

Fadilah, R., A. Polana, S. Alam dan E. Parwanto. 2007. Sukses Beternak Ayam Pedaging. Cetakan Pertama. Agromedia Pustaka: Jakarta.

Heruwatno.1993.Memanfaatkan Limbah Kulit Pisang Sebagai Pakan Unggas. www.Livestockreview.com/2012/09/memanfaatkan-limbah-kulit-pisang-untukpakan-unggas/

Lubis, A. D., Suharto, B. Darmawan, H. Ningrum, I. Y. Noormasari dan N, Nakagoshi. 2007. Evaluation of fermented cassava (Manihot esculenta crantz) pulp as feed ingredient for broiler. Journal of Tropics.17 : 73-80.

Prabawati.2011. Teknologi Pasca panen dan Teknik Pengolahan Buah Pisang.Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.