PENAMBAHAN TEPUNG AMPAS KECAP ASIN DALAM RANSUM TERHADAP KONSUMSI PROTEIN DAN KOLESTEROL DARAH AYAM BROILER

Musa Andika

Sari


ABSTRAK

Ayam broiler termasuk kedalam ordo Galliformes, famili Phasianidae dan spesies Gallus domesticus. Ampas kecap asin merupakan salah satu dari limbah industri kecap yang jarang digunakan oleh masyarakat, yang mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi serta mempunyai kadar protein antara 20 sampai 27 %. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur jumlah penggunaan tepung ampas kecap asin dalam ransum dan mengukur kadar kolesterol darah ayam broiler dengan penggunaan tepung ampas kecap asin dalam ransum. Materi yang digunakan adalah DOC CP 707 sebanyak 80 puluh ekor ayam broiler  yang berumur 1 hari. Parameter yang diamati adalah kadar kolesterol darah. Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) terdiri dari 4 perlakuan dan  4 ulangan, setiap  ulangan terdiri  5 ekor DOC. Dengan perlakuan P0, P1, P2, P3. Yang terdiri dari 0%, 10%, 20% dan 30%. Dilaksanakan dari 01 Maret s/d 14 Mei 2016. Pakan yang digunakan mengandung ISO protein 21% dan ME 2800 kkal/kg. Nilai perlakuan terbaik kadar kolesterol darah P3 (125,25 mg/dl). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penambahan tepung ampas kecap tidak berpengaruh terhadap kadar kolesterol darah ayam broiler

 

Kata kunci : Ampas kecap asin, ayam broiler, kolesterol darah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aisjah, T., R.Wiradimadja dan Abun., 2007. Suplementasi metionin dalam ransum berbasis lokal terhadap imbangan efisiensi protein pada ayam pedaging. Artikel Ilmiah Jurusan Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Padjajaran, Jatinangor, Bandung

Amrullah, L. K. 2004. Nutrisi Ayam Broiler. Cetakan ke-2. Lembaga Satu Gunung budi, Bogor

Cahyadi, R. 2000. Pengaruh penggunaan ampas kecap yang diproses dengan perendaman terhadap konsumsi air minum, kadar air dan kadar protein daging karkas ayam broiler. Fakultas Peternakan Diponegoro. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Mangisah, I. 2003. Pemanfaatan Kunyit dan Temulawak Sebagai Upaya Menurunkan Kadar Kolesterol Broiler. File//A//Curcuma/kunyit/htm. (!7 Maret 2016).

Manoppo, M.R.A., 2007. Pengaruh Pemberian Crude Chlorella terhadap Kadar Total Kolesterol Darah Ayam Broiler. Fakultas Kedoketran Hewan, Universitas Airlangga.

Nurjanah, Manurung D.M, Abdullah A. 2009. Komposisi Kimia, Asam Lemak dan Kolesterol Udang Ronggeng.

Rasyaf, M. 2008. Panduan Beternak Ayam Pedaging. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rommy Novrihansa, 2015. Pengaruh Penambahan Konsentrasi Garam Berbeda Selama Perebusan Terhadap Kandungan Kolesterol Udang Putih (Indicu). Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Riau

Setiawan, I. 2009. Budidaya Ayam Pedaging (Broiler). Tersedia : centralunggas. 2009/07/budi-daya-ayam-pedaging-broiler.html. 14 januari 2013.

Steel, R. G. D dan J. H. Torrie. 2002. Prinsip Dan Prosedur Statistika. Penterjemah Bambang Sumantri. Gramedia Pustaka. Jakarta.

Wahju, J. 2004. Ilmu Nutrisi Unggas. Edisi Keempat. Universitas Gadjah MadaPress. Yogyakarta.

Yamashita. 2008. Prediction of ignition behavior in a tangentially fired pulverized coal boiler using CFD, Fuel.

Yusniar, L. dan E. Nilasari. 2009. Biar Daging Ayam Tidak Berkolesterol Tinggi. http://www.majalahtrust.com/biar.daging.ayam.tidak.berkolesterol.tinggi/284.php (22 Juli 2017).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.