KUALITAS BISKUIT BERBAHAN DASAR HAY PETAI CINA DAN RUMPUT GAJAH SEBAGAI BAHAN PAKAN TERNAK RUMINANSIA

Juanda Juanda, Yuniar Sofyan

Sari


ABSTRAK

Biskuit pakan adalah suatu produk pengolahan pakan yang terdiri dari satu atau lebih bahan pakan melalui proses pemadatan dengan tekanan dan pemanasan pada suhu dan waktu tertentu.Penelitian ini bertujuan untuk mengukur daya simpan, sifat orgaleptik, daya ambang dan sifat fisik biskuit. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan yaitu: A: PC 35% + RG 35% + dedak 30%, B: PC 50% + RG 20% + dedak 30%, C: PC 20% + RG 50% + dedak 30%, D: PC 40% + RG 30% + dedak 30%. Adapun parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah tekstur, warna, aroma, kadar air dan daya ambang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan petai cina dan rumput gajah tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap tekstur, warna, aroma, kadar air dan daya ambang biskuit. Biskuit berbahan dasar hay petai cina dan rumput gajah yang memiliki kualitas terbaik terdapat pada perlakuan B (PC 50% + RG 20% + Dedak 30%) dengan nilai tekstur (1,75), warna (2,00) aroma (2,00) kadar air (5,50) daya ambang (0,02).

Kata Kunci : Bahan Baku Lokal, Biskuit, Pakan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Haryanto, B. dan A. Djajanegara.1993 .Pemenuhan kebutuhan zat-zat makanan ternak ruminansia kecil.Sebelas Maret University Press. Hal 192-194.

Jaelani, Achmad. 2007. “Kualitas Fisik dan Kandungan Nutrisi Bungkil Inti

Berbagai Proses Pengolahan Crude Palm Oil”. A’ulum. Volume 33. Nomor 33: 1-7.

Jayusmar. 2000. Pengaruh suhu dan tekanan pengempaan terhadap sifat fisik wafer ransum komplit dari limbah pertanian sumber serat dan leguminosa untuk ternak ruminansia. Skripsi. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Retnani, y ., w . Widiarti, i. Amiroh, l. Herawati dan k.b. Satoto. 2009. Daya simpan dan palatabilitas wafer ransum komplit pucuk dan ampas tebu untuk sapi pedet. Media peternakan 32(2) : 130 – 136

Rahmi, E. 2004.Perubahan Suhu Oven Terhadap Mutu Produk Biskuit kelapa di PT. Mayora Indah, Cibitung. [Skripsi] Program Studi Pangan dan Gizi Fakultas Teknologi Pertanian IPB. Bogor.

Sutardi, T. R. Dan S. Rahayu. 2003. Bahan Pakan dan Formulasi Ransum. Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto.

Winarno, F. G., S. Fardiaz dan D. Fardiaz. 1980. Pengantar Teknologi Pangan. Penerbit PT Gramedia, Jakarta.

Zuhran, C.F. 2006. Cita Rasa (Flavour). Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Universitas Sumatra Utara. Medan


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.