UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 JULI DALAM MATERI OPERASI CAMPURAN BILANGAN CACAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Evendi Evendi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakagi observasi awal di SD Negeri 2 Juli diperoleh bahwa dalam pembelajaran matematika di kelas IV guru masih menggunakan metode ceramah dalam proses belajar mengajar. Akibatnya, nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis yang diperoleh siswa rendah. Oleh karenanya, dibutuhkan suatu model pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Adapun Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV SD Negeri 2 Juli Pada materi operasi campuran bilangan cacah. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Juli yang berjumlah 19 orang siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV SD Negeri 2 Juli pada materi operasi campuran bilangan cacah. Hal ini terbukti dari jumlah siswa yang tuntas dalam belajar yaitu dengan persentase sebesar 47%. Pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 89%. penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Juli pada materi operasi campuran bilangan cacah. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus pada siklus I aktivitas guru sebesar 84,5% dan aktivitas siswa 85,5%. Sedangkan aktivitas guru pada siklus II sebesar 92% dan aktivitas siswa sebesar 94,5% dan respon siswa terhadap model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi operasi campuran bilangan cacah di kelas IV SD Negeri 2 Juli menunjukkan hasil yang sangat baik.

 

Kata kunci: Kemampuan, Komunikasi Matematis, Contextual Teaching And Learning (CTL)

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Dedi. 2010. Mata Pelajaran Matematika di Kelas 4 SD. Bandung : Diknas Provinsi Jawa Barat.

Depdiknas. 2004. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Fachrurrazi. 2011. Jurnal Pendidikan Matematika. Paradikma, Vol 6 Nomor 2, Hal 149-161.

Kartini. 2011. Konsep Dasar Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurul Fajri, dkk, Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL)

Pasaribu, Feri Tiona. 2012. Peningkatan KemampuanPemecahan Masalah danKomunikasi Matematika SiswaSMP dengan MenggunakanPendekatan MatematikaRealistik. Tesis. Tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Sanjaya,Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Kencana: Jakarta

Subyantono. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit: Universitas Diponegoro Semarang: CV. Widya Karya Semarang.

Tim Penyusun. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi Edisi Revisi. Bireuen. FKIP Universitas Almuslim.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya : Kencana Prenada Media Group.

Usman. dkk.2008. Upaya oprtimalisasi Kegiatan belajar Mengajar (Bahan Kajian PKG, MGMP). Bandung: Rosdaya.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »