Media Pembelajaran Interaktif tentang Pengetahuan Dasar untuk Anak Usia Dini menggunakan Metode Computer Assisted Instruction (CAI)

Muharrami ,, T.M. Johan

Abstract


Abstrak—Teknologi berkembang sangat pesat dan menyebar hampir disemua bidang, bahkan pendidikan. Dengan teknologi, memudah para pelajar untuk mempelajari sesuatu dengan menggunakan bantuan media teknologi informasi yang semakin canggih dan mudah untuk digunakan. Untuk anak usia dini yang lebih suka bermain daripada belajar, tapi pada usia ini mereka akan lebih cepat merespon pengetahuan baru yang mereka terima jadi mereka membutuhkan sebuah media yang bisa membuat mereka belajar sambil bermain. Aplikasi ini dibangun untuk membantu anak usia dini untuk belajar tentang pengetahuan dasar. Aplikasi ini dirancang menggunakan software Macromedia Flash 8, CorelDraw X6 dan Autodesk 3ds Max. Media Pembelajaran ini menggunakan metode Computer Assisted Instruction (CAI) untuk sistem pembelajarannya. Dalam sistem ini anak tidak belajar sendiri tapi anak akan dibimbing dan ditemani oleh seseorang baik itu guru ataupun orang tua mereka.

 

Kata kunci—Pembelajaran Interaktif, Computer Assisted Instruction, CIA, Pengetahuan Dasar, Anak Usia Dini.


References


DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, T. 2014.Perancangan aplikasi pembelajaran interaktif topik bahasan microsoft word menggunakan metode Computer Based Instruction,JURNAL Pelita Informatika Budi Darma, Vol. VII, No. 3, ISSN : 2301-9425.

Nurhasanah, Y.G., dan Destyany, S. 2011. Implementasi Model CMIFed pada Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Anak Usia Tk Dan Playgroup, JURNAL INFORMATIKA Vol. 2, No.2.

Sigit, Bambang, Joko. 2008. Pengembanngan Pembelajaran dengan menggunakan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran yang Berkualitas. Karya Tulis Ilmiah. Semarang, Indonesia: Universitas Negeri Semarang.

Utomo, C.H. 2011. Aplikasi Pembelajara”Ayo Belajar Pintar” untuk Anak Usia Dini menggunakan Multimedia Interaktif menggunakan ActionScript 2.0 (Studi Kasus : Sekolah TK Realfunrainbow Preschool),Tugas Akhir, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Wiharjo, Edi. 2007. Pembelajaran Berbantu Komputer. http://elearning.unej.id/courses/. Diakses tanggal 4 Agustus 20015.

Wijaya. 2014. Penjelasan, kelebihan, dan kekurangan Sistem Aplikasi Multimedia. http://dwiadywijaya.blogspot.com/2014/05/multimedia_5795.html.Diakses tanggal 4 Agustus 2015.

Zahra, Siti Sholikhah Az, 2009. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia-Inggris-Arab untuk Anak TK Berbasis Flash. http://deweympetra.ac.id. Diakses tanggal 4 Agustus 2015


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »