SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI PEMBANGUNAN POLINDES DI KABUPATEN BIREUEN (Studi Kasus Dinas Kesehatan)

MUKSALMINA , IQBAL

Abstract


ABSTRACK

Sistem pendukung keputusan penentuan lokasi pembangunan polindes merupakan program aplikasi yang digunakan oleh pihak dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bireuen dalam menentukan lahan yang sesuai untuk pembangunan polindes pada masing-masing lokasi yang di ajukan secara obyektif. Penilaian terhadap lahan ini dimodelkan berdasarkan pada data dan kriteria. Data dan kriteria diolah dengan menggunakan metode Profile Matching. Dalam pengggunaan metode tersebut aplikasi sistem yang digunakan dapat membantu proses penyeleksian lahan yang di ajukan sehingga lokasi pembangunan mendapatkan kriteria terbaik dari tiap lahan. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan urutan ranking dari lahan yang telah diseleksi, dan output dari aplikasi tersebut dapat membantu pengambil keputusan dalam memilih alternatif lahan untuk dijadikan lokasi pembangunan polindes.

Kata kunci :  Sistem Pendukung Keputusan, Profile Matching, Polindes


Full Text:

PDF ()

References


Daftara Pustaka

Dwijaya (2009) Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Pada PT. Sysmex Menggunakan Metode Profile Matching.

Fitzgerald, Jerry. FitzGerald, Ardra F. and Stalling Jr, Warren D. (1981) Fundamentals Of System Analysis, Edisi kedua, John Willey & Sons, New York.

Handojo. (2003). Autisma. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Handjojo (2009) Pembuatan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Proses Kenaikan Jabatan Dan Perencanaan Karir Pada PT. X.

Iqbal Dan Hartati (2011). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penempatan Bidan PTT (Pegawai Tidak Tetap) Pada Kabupaten Bireuen

Jogiayanto. 2005 Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis: Edisi 3. Yogyakarta : Penerbit Andi

Kroenke, D.M., 1992. Management Information System. Watsonville: Mitchell McGraw-Hill.

Michael S, 1970, A Problem-based Selection of Multi-Attribute Decision Making Methods, Blackwell Publisihing, New Jersey

Mika (2012). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pembangunan Tower Base Transceiver Station (BTS) Pada PT. Xl Axiata Tbk-Medan Dengan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP)

Murdick, G. Robert, E, Joel Ross dan R. James Clagget. Information System for Modern Management. (Terjemahan). Jakarta: Gelora Aksara Pratama, 1991.

Noorafni (2012). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah.

Nyoman (2009). Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Tenaga Kerja Dengan Metode Profile Matching (Studi Kasus PT. Adhi Karya (Persero), tbk Divisi Konstruksi VII).

Pressman, R.S. (2010), Software Engineering: a practitioner’s approach, McGraw-Hill, New York,

Pramana (2013). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Prosess (AHP).

Rolissalim (2010). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Prioritas Penempatan Pegawai Di Dinas Kesehatan Kota Bandung.

Saputra (2010) . Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pemilihan Lokasi Rumah Tinggal Dengan Metode Cumulative Voting Dan Fuzzy AHP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.