PENERAPAN ALGORITMA PENCARIAN BERURUTAN PADA PERMAINAN WORD SCRAMBLE

MUHAMMAD IKBAL MUHAMMAD IKBALa

Abstract


 

ABSTRAK

Permainan atau sering disebut dengan game merupakan suatu sarana hiburan yang diminati dan dimainkan oleh banyak orang baik dari kalangan anak-anak, remaja maupun orangdewasa.Permainanjugadapatbergunauntukmelatih danmengasah kemampuan berpikir seseorang. Terdapat  berbagai macam permainan yang bertujuan untuk menambah wawasan kosa kata Bahasa Inggris, salah satunya adalah wordgame (permainankata). WordScramble termasuk salah satu jenis permainan kata yang populer. Permainan WordScramble diawali dengan pengacakan huruf oleh komputer, kemudian pemain mencari kosa kata yang  bisa disusun dari huruf acak tersebut. Huruf-huruf tersebut  harus terhubung secara vertikal, horizontal atau diagonal pada papan permainan. Program aplikasi Permainan Word Scramble menggunakan algoritma pencarian berurutan, Pembuatan aplikasi ini menggunakan Adobe Flash Cs6, dimana multimedia yang digunakan yaitu : gambar, teks, dan animasi. Aplikasi Multimedia Permainan Word Scramble menggunakan Papan permainan berukuran6 x 6 yang Menerapkan algoritma pencarian berurutanpada prosespencarian kata yang diperoleh pemain dengan kata dalam kamus.


Full Text:

PDF ()

References


DAFTAR PUSTAKA

Desi, 2007 “Penerapan Algoritma String Matching Pada Permainan Word Search Puzzle”, Program Studi Informatika, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung

Gahayu, 2010, “Aplikasi Algoritma Pencarian String Knuth-Morris-Pratt Dalam Permainan Word Search”, Laboratorium Ilmu dan Rekayasa Komputasi Departemen Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung

Hapnes, 2008 “Aplikasi Permainan Capsah Banting dengan Penerapan Algoritma Minimax” Program Studi D3 Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Maranatha

Harsan, A, 2009, “Jago Membuat Game Komputer”, Mediakita: Jakarta

Imrona, M, 2013 “Aljabar Linear Dasar” Erlangga : Jakarta.

Jogiyanto, HM; 1995, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi”, Andy Offset; Jogyakarta.

Kadir, A, 2012 “Algoritma Pencarian” Gramedia : Jakarta.

Kurniawan, YogiekIndra, “Perbandingan Notasi Chen Dengan Crow's Foot Pada Penggambaran Er-Diagram”, Konferensi Nasional Sistem Informasi 2012, STMIK - STIKOM Bali 23-25 Pebruari 2012.

Kusumadewi, S, 2003, “Arificial Inelligence (Teknik dan Aplikasinya), Grha Ilmu: Yogyakarta.

Nugroho, A, 2009 “Algoritma Dan Struktur Data” Graha Ilmu : Yogyakarta.

Nikodemus, 2011, “Seri Kebut Semalam” Andi Publisher : Yogyakarta.

Paramita, 2010 “Algoritma Pencarian dalam Daftar Tak Terurut pada Komputasi Kuantum (Algoritma Grover)”, Laboratorium Ilmu dan Rekayasa Komputasi Departemen Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung.

Stefan, 2013 “Penerapan Algoritma DFS dan BFS untuk Permainan Wordsearch Puzzle”,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.