SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KADER KESEHATAN DI KECAMATAN PEUDAWA KABUPATEN ACEH TIMUR

TI BAHREN , MUNAR

Abstract


ABSTRAK

 

Permasalahan dalam pemilihan kader kesehatan di Kecamatan Peudawa Kabupaten Aceh Tumur bukanlah suatu kegiatan yang mudah.Kita dihadapkan pada banyaknya masyarakat yang mau menjadi kader kesehatan, maka dari itu untuk pemilihan yang pantas diberi kesempatan kepada masyarakat yang memenuhi persyaratan dalam pemilihan kader kesehatan berhak mengikuti pemilihan kader kesehatan di tingkat kecamatan.Untuk memecahkan permasalahan pemilihan kader kesehatan tersebut, maka dapat menggunakan metode pengambilan keputusan yaitu metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Metode AHP adalah metode sintesa dari perhitungan eigen vector berbasis pada matriks perbandingan berpasangan dari parameter kriteria dan alternatif yang berasal langsung dari responden, sehingga diharapkan AHP dapat membantu menyelesaikan permasalahan pemilihan kader kesehatan tersebut. Dalam penelitian ini, untuk mendapatkan solusi pengambilan keputusan pemilihan kader kesehatan perlu disusun beberapa Kriteria dan alternatif. Untuk membantu proses pemilihan kader kesehatan maka dibuat sebuah Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan kader kesehatan di kecamatan peudawa kabupaten Aceh Timur dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP).

Kata kunci :Analytical Hierarchy Process (AHP), Pemilihan kader kesehatan, Sistem Pendukung Keputusan.


Full Text:

PDF ()

References


DAFTAR PUSTAKA

Edi, Setiawan, 2011, Rancang Bangun Sistem Pendukunng Keputusan Kelulusan Sertifikasi Guru. Universitas Diponogoro Semarang. Semarang.

Hermawan, Kholis, 2013, Pengembangan sistem pendukung keputusan pemilihan guru berprestasi menggunakan metude AHP. Fakultas Teknologi UIN Kalijaga Yogyakarta. Yokyakarta.

Jogianto, H.M, 1989, Sistem Informasi Berbasis komputer, Andi, Yogyakarta.

Marimin, 2007, Teknik dan Aplikasi Sistem Pendukung keputusan, Grasindo, Jakarta.

Turban dkk. 2005. Decision Support System and Intelligent System (Sistem Pendu kung Keputusan dan Sistem Cerdas). Yogyakarta.

Saaty, T.L, 2008, Decision making with Analitycal process (AHP) International journal. Vol.1 No.1.

Sunyoto, A, 2007, AJAX membangun web dengan Teknologi Asyncrounus Java script dan xml, Andi, Yogyakarta.

Kadir, A, 2001, Dasar Pemograman web Dinamis menggunakan PHP, Andi, Yogyakarta.

Kadir, A, 2009, Mmbuat Aplikasi web dengan PHP dan Database Mysql, Andi, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.